Space Iklan
Pariwara
Politik

The Haluoleo Institute: Elektabitas AMAN Capai 48,5 Persen

SURVEI : Direktur The Haluoleo Institute, Naslim Sarlito Alimin memaparkan hasil survei lembaganya di Swissbelhotel, sore kemarin. Dari hasil pengumpulan data, pasangan AMAN unggul dengan tingkat elektabilitas mencapai 48,5 persen. FOTO: MARWAN ABIDIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan calon (Paslon), Ali Mazi-Lukman Abunawas kembali diprediksi memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra. Berdasarkan hasil survey The Haluoleo Institue, pasangan bertagline jauh mengungguli dua kandidat lainnya. Tingkat elektabilitas pasangan nomor urut satu ini mencapai 48,5 persen. Lembaga survei yang terdaftar resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra ini melakukan pengumpulan data mulai tanggal 17-20 Juni 2018.

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan responden dan menggunakan panduan kuesioner. Sebanyak 660 responden di 17 kabupaten/kota di Sultra yang terdistribusi secara proporsional. Penentuan responden menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error hasil survei kurang lebih 3.7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Elektabilitas pasangan AMAN memperoleh poling tertinggi yakni 48,5 persen. Sementara pasangan RM-SK 20,5 persen dan BERKAH hanya 8,8 persen. Swing voter atau yang belum memutuskan pilihan sebanyak 22,2 persen,” kata Naslim Sarlito Alimin, Direktur The Haluoleo Institute saat konferensi pers di Swissbelhotel, sore kemarin (21/6).

Dari segi variabel popularitas atau pengenalan calon dibandingkan calon gubernur lainnya, Ali Mazi memiliki tingkat pengenalan paling tinggi 92,9 persen, Asrun 83.2 persen dan Rusda Mahmud 76.2 persen. Sedangkan calon wakil gubernur (Cawagub), Hugua memiliki tingkat pengenalan yang paling tinggi 78,6 persen.

Naslim Sarlito Alimin menambahkan tingkat kesukaan calon yang disurvei masyarakat Sultra secara keseluruhan Ali Mazi memiliki tingkat kesukaan paling tinggi yaitu 72,1 persen. Pada base populasi survei mencapai 67,7 persen, Asrun 47,6 persen dan Rusda Mahmud 59,8 persen. Untuk Cawagub ditempati oleh Lukman Abunawas dengan nilai 61,5 persen dan 46,5 persen pada base populasi.

“Posisi Cagub yang paling didukung adalah elektabilitas Ali Mazi (AM) mulai menunjukan dominasi dibandingkan calon lainnya dan menguat pada nilai 46.1 persen. Rusda Mahmud 20,8 persen sedangkan Asrun 8,0 persen. dan pemilih yang merahasiakan atau belum memutuskan pilihannya 25,1 persen. Posisi cawagub dukungan terkuat ditempati Lukman Abunawas 54,0 persen dan Sjafei Kahar 26,9 persen. Posisi Hugua hanya meraup dukungan 12,6 persen. Namun potensi suara yang masih bisa diraup mencapai 6,5 persen,” jelasnya.

Jika dilangsungkan pemilihan hari ini lanjutnya, pasangan AMAN memperoleh presentase tertimggi yakni 46,2 persen. RM-SK 20,0 persen dan BERKAH 9,1 persen. Sementara yang belum menentukan pilihannya masih cukup besar yakni 23,5 persen.

Distribusi pemilih parpol Pemilu 2014 kata dia, mayoritas mendukung AMAN. Artinya, pada segmentasi partai, pasangan AMAN mendapatkan dukungan mayoritas dibanding RM-SK maupun pasangan BERKAH. Begitupun dengan sebaran dukung di 17 daerah. Pasangan AMAN mendapatkan dukungan mayoritas di 15 kabupaten/koya. Sementara RM-SK unggul di 2 kabupaten.

Berdasarkan kategori daratan dan kepulauan, paslon AMAN terlihat menguasai. Kategori daratan (base data 62,1 persen), AMAN 41,7 persen, RM-SK 28,3 persen dan BERKAH 9,3 persen dengan belum menentukan 20,7 persen. Kepulauan (base data 37,9 persen) AMAN 56,6 persen, Syuhada 7,6 persen dan BERKAH 8,0 persen dengan yang belum menetukan sebanyak 24,8 persen.

Dari aspek kepribadian, masyarakat menginginkan cagub yang pekerja keras dan memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat mencapai 51,1 persen. Alasan responden memilih pasangan AMAN sebab dianggap memiliki pengalaman sebagai gubernur, bupati dan sekda. Sementara alasan memilik RM-SK karena memiliki pengalaman sebagai bupati selama dua periode. Untuk Berkah, responden melihat keduanya pengalaman sebagai wali kota dan bupati.

“Kandidat yang mampu meningkatkan kualitas tingkat kehidupan masyarakat pasangan AMAN dipersepsikan responden sebesar 61,8 persen mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. RM-SK 29,3 persen dan BERKAH 8,9 persen,” tuturnya.

Menurutnya, OTT KPK sangat mempengaruhi dukungan kepada kandidat baik yang terkait secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian, informasi dan pengetahuan nomor urut pasangan calon masih perlu ditingkatkan oleh kandidat/tim pemenangan. Hasil tersebut masih bisa berubah dengan kerja maksimal dan akan dilihat pada tanggal 27 Juni 2018 nanti. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top