Pariwara
Hukum & Kriminal

Tante SR Otak Penculikan Balita 1,3 Tahun di Kolaka

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — SR ditangkap personel Polres Kolaka. SR diduga menculik keponakannya sendiri berinisial E. Balita yang masih berusia satu tahun tiga bulan tersebut telah dikembalikan ke orangtuanya di Kelurahan 19 November, Kecamatan Wundulako, Kolaka dalam keadaan sehat. Kapolres Kolaka, AKBP Didik Supranoto melalui Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP I Gede Pranata Wiguna mengatakan pengungkapan kasus penculikan anak di bawah umur tersebut berawal dari patroli cyber yang dilakukan di media sosial. Dalam patroli itu, pihaknya mendapatkan informasi tentang penculikan balita di Kelurahan 19 November. “Setelah mendapatkan informasi, kami langsung berkoordinasi dengan Polsek Wundulako untuk memastikan kebenarannya dan ternyata benar,” ujar AKP I Gede Pranata Wiguna, Kamis (21/6/2018).

Setelah memastikan kebenaran informasi itu, AKP I Gede Pranata Wiguna bersama anak buahnya melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan SR, yang tidak lain bibi korban. “Berdasarkan keterangan saksi, SR adalah orang yang terakhir kali terlihat bersama korban sebelum menghilang. Saat SR kami mintai keterangan, ia berbelit-belit sehingga kami bawa ke Mapolres Kolaka untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari situlah terungkap bahwa SR adalah otak penculikan,” jelas AKP I Gede Pranata Wiguna.

Dalam melancarkan aksinya, SR dibantu oleh IM yang diduga suami sirinya. “SR membawa korban keluar dari pekarangan, kemudian menyerahkan kepada IM yang berboncengan sepeda motor dengan seorang temannya. IM dan korban E ditemukan di Kabupaten Kolaka Utara,” ungkap AKP I Gede Pranata Wiguna. AKP I Gede Pranata Wiguna menegaskan pelaku SR dapat dikenakan pasal 83 juncto pasal 76 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2016 atas perubahan UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. “Ancaman hukumannya 12 tahun. Sedangkan untuk IM, hasil pemeriksaannya akan diserahkan kepada POM. Sebab, IM tercatat sebagai oknum TNI aktif yang bertugas di Gorontalo,” tukasnya. (fad/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top