Pariwara
Buton

Pemkab Buton Optimis Capai Target 20 M

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) murni Kabupaten Buton pada triwulan pertama atau periode Januari hingga 31 Mei 2018 baru mencapai Rp 4,9 miliar dari target Rp 20 miliar

Kepala Dinas Pendapatan dan Retribusi Daerah Buton, LM Muharam, menjelaskan, capaian PAD tersebut diperoleh pada sumber-sumber pajak daerah dari rumah makan, perhotelan dan pajak-pajak masyarakat di luar retribusi yang tak bisa dipungut.

Muharam mengurai, untuk PAD Buton 2018 ini diestimasi akan sedikit menurun. Sebab, ada beberapa sumber PAD yang diandalkan pada tahun sebelumnya, kini tak boleh lagi dikutip.

“Sekarang tidak diperbolehkan lagi, seperti izin gangguan (HO). Dulu izin seperti ini bisa mencapai Rp 1 miliar kita kumpulkan. Sekarang tidak bisa lagi. Keperluan masyarakat terhadap perizinan ini tak dipungut lagi,” terangnya, kamis (21/6).

Ditambahkannya, sumber PAD yang diperkirakan paling besar adalah dana bagi hasil, kisarannya mencapai Rp 10 miliar sampai Rp 11 miliar. Dana bagi hasil tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat dan provinsi. Sementara pemerintah kabupaten/kota masing-masing sudah memiliki peruntukan. “Pusat yang menghitung dan provinsi koordinir. Dana bagi hasil di sini seperti potensi sumber daya alam,” jelasnya.

Sekarang ini daerah tak boleh sembarang melakukan pungutan terhadap sumber PAD, mengingat ada sejumlah regulasi dari pemerintah pusat. “SITU, SIUP tidak bisa lagi dipungut. Pusat menggenjot pendapatan asli daerah, tapi justru dibatasi dengan regulasi yang ada,” keluh Muharam. Kendati demikian, ia optimis target PAD sebesar Rp 20 miliar tetap bisa tercapai hingga akhir 2018 nanti. Upaya itu dilakukan dengan memaksimalkan pengutipan pada potensi PAD yang ada. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top