Pariwara
Wakatobi

Meriahnya Pembukaan Festival Pulau Tukang Besi di Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Pembukaan Festival Pulau Tukang Besi (FPTB) di Binongko tahun 2018 berlangsung meriah. Ada 35 karnaval budaya yang turut andil dalam acara yang hanya dilaksanakan setahun sekali ini. Antusias masyarakat cukup terlihat baik yang terlibat secara langsung maupun yang datang hanya sekadar untuk menonton. Beragam atraksi seni budaya ditampilkan dalam kegiatan ini. Diantaranya, karnaval budaya Kelurahan Wali dengan jumlah peserta sebanyak 99 seusai Asmaul Husna. Pawai ini juga menampilkan sila mabi yang disambut hangat oleh peserta dan masyarakat. Sementara itu, Karnaval budaya Kelurahan Palahidu menampilkan tari Balumpa hingga Tari Tolu Jiku dari Desa Kampo-Kampo. Serta penampilan atraksi budaya lainnya dari sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Binongko dan Togo Binongko.

Sesuai rencana awal, acara ini akan dibuka Bupati Wakatobi, Arhawi. Namun, karena tiba-tiba ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan sehingga tidak bisa hadir dan diwakilkan kepada Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Wakatobi, La Ode Saharumu. Dia mengungkapkan, permohonan maaf dari Bupati karena tak sempat hadir. “Bupati harus memgikuti rapat koordinasi pemilihan gubernur di Sultra yang tidak bisa diwakili. Sehingga kami diamanati untuk mewakili beliau dalam kesempatan ini,” jelasnya.

Kendati tanpa kehadiran bupati, dia berharap ajang pesta rakyat ini dapat meningkatkan semangat, khususnya masyarakat Binongko dalam melestarikan adat dan budaya para leluhur. Pulau Binongko akan dijadikan wisata religius yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. “Kita harus menjaga agar budaya masyarakat Wakatobi tetap lestari. Lewat kegiatan seperti ini, menjadi salah satu cara merawatnya,” ungkap La Ode Saharunu. Camat Togo Binongko, Arifin selaku tuan rumah dalam kegiatan ini mengungkapkan rasa terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat khususnya pulau Binongko. Ia menjelaskan kegiatan ini tentu bisa melestarikan budaya para leluhur agar tidak tergerus zaman. Benteng budaya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Even tahun ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nilai seni dan budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan.

“Agar budaya para leluhur tidak luntur dengan zaman yang kian berkembang. Tentu dengan kegiatan ini dapat melestarikan seni budaya pulau Binongko,” ungkapnya. Kegiatan tahunan ini diperkirakan dihadiri sekira 1.000 orang. Hadirnya masyarakat yang merantau dari segala penjuru di Indonesia juga terlibat langsung dalam even ini. Termasuk karnaval budaya kerukunan keluarga Binongko Propinsi Jawa timur, Jakarta, Kepulauan Riau (Kepri), Lembata, Alor, Papua, Maluku, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Utara, Kota Kendari dan lainnya.

Sementara itu, Sarafuddin Alwan sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Binongko di Kepri mengatakan adanya kegiatan ini tentu dapat menumbuhkan silaturahmi khususnya masyarakat perantau Binongko yang tersebar di nusantara. Meski diterpa gelombang namun tidak menyurutkan semangat masyarakat perantau asal Binongko untuk menghadiri FPTB ini. “Karena kami lahir dan dibesarkan di pulau yang kita cintai ini,” ujarnya. 35 karnaval budaya yang tampil dalam pembukaan FPTB tahun 2018 terdiri dari kerukunan keluarga Binongko se-Indonesia dan kelurahan/desa Se-Binongko. Sekadar diketahui, kegiatan ini juga turut dihadiri anggota DPD RI Dapil Sultra, Hamsinah Bolu,Wakil Ketua DPRD Wakatobi beserta anggota.

Hadir pula anggota DPRD Provinsi Kepri, H. Safarudin Alwan sekaligus sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Binongko di Kepri dan ibu. Para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian Lingkup Pemkab Wakatobi, Camat Binongko, Lakina Wali, tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat Binongko dan Togo Binongko. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top