Pariwara
Konawe Kepulauan

Beasiswa Wawonii Cerdas Online Digagas

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dipastikan, penerimaan beasiswa Wawonii Cerdas akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Panitia beasiswa program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) itu, sudah menuntaskan aplikasi berbasis online. Nantinya aplikasi tersebut akan dilaunching secara resmi Bupati Konkep, H. Amrullah, pekan depan.

Ketua Panitia beasiswa Wawonii Cerdas, Suharmin, mengatakan, aplikasi tersebut untuk memudahkan mahasiswa dalam mengurus bantuan pendidikan yang diplot sebesar Rp 6 miliar tiap tahun. “Beasiswa Wawonii Cerdas mengunakan sistem online, jadi lebih mudah untuk diakses. Aplikasi ini menyerupai facebook. Tetapi lebih gampang mengoperasikan Wawonii Cerdas,” kata Suharmin, Kamis (21/6).

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep itu menjelaskan, selain mudah diakses calon penerima, aplikasi Wawonii Cerdas juga membuat panitia dapat mengidentifikasi oknum-oknum mahasiswa nakal yang memanfaatkan beasiswa tersebut dengan melampirkan data palsu.

“Dengan adanya sistem online ini, kami akan lebih mudah menemukan oknum mahasiswa nakal yang melampirkan data-data palsu. Misalnya, transkrip nilai atau surat keterangan aktif kuliah. Kami langsung mengecek saja namanya diaplikasi Wawonii Cerdas, tidak harus lagi mengecek ribuan berkas penerima beasiswa di dalam lemari. Mahasiswa akan punya akun sendiri. Tinggal dibuka melalui website Wawoniicerdas.com baru dimasukan data-data mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melibatkan organisasi mahasiswa yang ada di tingkat desa maupun kecamatan untuk memfasilitasi calon penerima beasiswa di wilayah masing-masing untuk melakukan pendaftaran via online. “Kami juga akan sosialisasikan pada mahasiswa. Inikan sudah zaman teknologi, saya yakin semua mahasiswa pasti punya media sosial. Jadi pasti bisa menggunakan aplikasi Wawonii Cerdas,” sambungnya. Suharmin mengimbau dalam penerimaan beasiswa agar tidak melampirkan berkas palsu. Jika ketahuan, pihaknya tak segan membawa persoalan itu ke jalur hukum. “Karena itu sudah merugikan negara,” tandas Suharmin. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top