Pariwara
Kolaka Utara

Absensi ASN Diserahkan ke KemenPAN-RB, Rusman Minta Pegawai Tingkatkan Kinerja

SIDAK ASN : Wabup Kolut, H. Abbas (tengah) mengecek absensi pegawai di salah satu OPD. Di Muna, Bupati, LM Rusman Emba (kiri, membelakang) juga memantau aktivitas pelayanan aparaturnya pada hari pertama masuk kantor (foto bawah). Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Hari pertama berkantor bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) mendapat perhatian Wakil Bupati, H. Abbas. Pasangan Bupati, H. Nur Rahman Umar itu melakukan inspeksi ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memastikan apakah masih ada pegawai yang menambah hari libur usai cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah.

Abbas mengecek absensi pegawai pada masing-masing instansi. “Alhamdulillah tahun ini sedikit lebih disiplin dan hanya sedikit saja yang masih absen dengan alasan izin macam-macam,” jelasnya, Kamis (21/6), tanpa menyebut persentase peningkatannya. Bagi aparatur yang diketahui menambah libur tanpa izin, akan mendapat perhatian khusus. Selain teguran, juga berpotensi akan mendapat hukuman penundaan kenaikan pangkat. “Kalau memang sudah tidak bisa dibina, ya dipecat saja. Tetapi itu bagi yang memang benar-benar sudah tidak patuh lagi,” ujarnya.

Hari pertama sidak, Abbas hanya menginstruksikan para aparaturnya membersihkan area lingkungan kompleks perkantoran. Termasuk menata tribun upacara Lapangan Aspirasi dalam menyambut kunjungan Pj Gubernur Sultra, H. Teguh Setyabudi, Senin (25/6) mendatang.

Sekadar diketahui, Abbas melakukan pengecekan didampingi Kepala Inspektorat, Alimus. Selain bersilaturahmi, mereka juga memastikan agar pelayanan publik dioptimalkan pasca libur hari raya. Untuk hasil pengecekan absensi, nama-nama pegawai yang tak hadir tanpa izin akan diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Sementara itu di Muna, Bupati, LM Rusman Emba langsung berkantor seperti biasa. Ia juga sempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada sejumlah kantor dinas lingkup Pemkab. Ia ingin memastikan layanan publik kembali normal pascalibur panjang lebaran. Rusman memulai sidak di kantor Sekretariat Kabupaten (Setkab), lalu bergegas menuju kompleks perkantoran di samping kantor bupati. Di kawasan itu, terdapat kantor Badan Kepegawaian Daerah, Balitbang, Dinas Pangan, Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum.

Usai Sidak, Rusman mengaku cukup mengapresiasi bawahannya karena sudah menepati komitmen dengan tidak menambah libur. Kendatipun masih terdapat sejumlah instansi yang tampak kosong. “Ada beberapa pegawai yang belum masuk jam pagi, mungkin faktor hujan. Tetapi secara umum kehadiran mereka pada hari pertama kerja cukup baik,” jelasnya.

Mantan senator DPD RI itu meminta kinerja birokrasi ditingkatkan. Ia berharap target serapan anggaran hingga akhir tahun dapat mencapai angka memuaskan. “Seluruh program dinas harus cepat dilaksanakan supaya serapan anggaran maksimal. Jangan lagi malas-malasan setelah lebaran, bekerja seperti biasa,” pintanya.

Rusman menegaskan, kedisiplinan aparatur sipil negara bisa terukur dari realisasi program pemerintah. Untuk itu, ia meminta pada anak buahnya agar bekerja keras memberikan pelayanan publik ke masyarakat. “Kita berharap semua program yang sudah ditetapkan dapat terlaksana tahun ini. Kuncinya dikedisiplinan pegawai. Makanya kami minta tingkatkan kinerja,” pungkasnya. (b/rus/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top