Pariwara
Kolaka Utara

12 JCH Kolut Batal Berangkat

H. Baharuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pendaftar awal jamaah calon haji (JCH) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) sesuai data dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) mencapai 229 orang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, 12 orang diantarannya dianggap tak memenuhi persyaratan sehingga dinyatakan batal melakukan perjalanan ke Arab Saudi tahun ini.

Kepala Kemenag Kolut, H. Baharuddin, menjelaskan, JCH yang batal berangkat tersebut belum mengantongi paspor. Sebab tes kesehatan digelar lebih awal. Sedangkan bagi yang 217 orang lainnya, untuk sementara dipastikan berangkat ke Tanah Suci. “Untuk sementara begitu. Kita belum tahu ke depan apakah masih akan berkurang atau tidak. Mudah-mudahan jangan batal karena faktor sakit atau ada yang hamil,” jelasnya, Kamis (21/6).

Untuk manasik terpusat lanjut Baharuddin sudah digelar di aula Kemenag, awal pekan ini. Mulai kemarin (21/6), hal serupa juga dilangsungkan pada tingkat kecamatan yang terbagi dalam empat titik pelaksanaanm hingga dua hari. “Pembekalan dalam manasik seputar pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” sambungnya.

Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar, mengaku bersyukur karena ada 217 warganya akan menjadi tamu Allah SWT. Meski demikian, ia juga memahami perasaan para JCH yang batal berangkat karena berbagai halangan. “Allah SWT belum mengizinkan. Bagi yang masih berpeluang selalu ada kesempatan pada pemberangkatan selanjutnya,” tutur Kolut-1 itu, memberi semangat.

Ia menegaskan, seluruh JCH Kolut yang akan berangkatm merupakan duta Indonesia dan daerah secara khusus. “Sebagai kepala daerah, saya meminta agar para CJH tidak melakukan hal-hal di luar peraturan yang berlaku. Mulai dari proses perjalanan hingga ke pengujung ibadah di Makkah. Secara adat dan agama kita dituntun agar santun. Taati segala yang dianjurkan agar berkah dan menjadi haji mabrur,” nasihat Nur Rahman Umar pada para JCH. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top