Pariwara
Konawe Selatan

Surunuddin Target Tuntaskan KTP-el

KTP-EL : Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi Ketua DPRD, Irham Kalenggo (kiri) menyerahkan kepingan KTP-el pada pimpinan kecamatan untuk diserahkan pada warga masing-masing. Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) untuk mewujudkan data tunggal terus dimaksimalkan. Hal itu dibuktikan dengan progres Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan sosialisasi kebijakan kependudukan tentang pemanfaatan data. Kegiatan itu sendiri dibuka Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi Ketua DPRD, Irham Kalenggo dan Kadisdukcapil, Nurlita Jaya AS, pekan lalu.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, sosialisasi itu merupakan upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang nomor induk kepegawaian (NIK), data kependudukan dan KTP Elektronik (KTP-el). Hal itu dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan data kependudukan berbasis sistem informasi administrasi untuk mendukung pembangunan di segala sektor. Juga sebagai penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis gerakan sadar administrasi kependudukan (GISA) dan pelayanan pada masyarakat.

“Disdukcapil merupakan satu-satunya lembaga yang menjadi rujukan data dan digunakan oleh OPD dalam pelayanan masyarakat seperti Dinkes, Dinsos, Dikbud dan instansi terkait lainnya,” tutur Surunuddin.

Bupati Konsel langsung memerintahkan Asisten I, para Camat dan kepala desa segera melakukan percepatan perekaman KTP-el yang perbulan Mei 2018 baru mencapai 89 persen. “Olehnya itu, saya target pada akhir Desember 2018 warga sudah harus memiliki KTP-el semua.
Saya minta persoalan KTP ini sampai Desember saja kita urus. Jadi nanti 2019 tinggal dievaluasi,” instruksi Konsel-1 tersebut.

Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung positif terkait kegiatan sosialisasi tersebut. Bila perlu Pemkab menambah UPTD sebagai unit layanan teknis di beberapa wilayah. “Kami juga di DPRD bersedia mengawasi masalah layanan KTP-el ini. Banyaknya bayar membayar, sehingga itu kita harapkan jangan sampai ada di Konsel. Kemudian masalah keluhan honorer, harus ada penambahan tunjangan. Kita juga supor kalau ada pengadaan bus karena ini penunjang dalam rangka meningkatkan pelayanan di masyarakat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kadisdukcapil Konsel, Nurlita Jaya AS, menyerahkan secara simbolis KTP-el yang sudah tercetak pada para camat sebanyak 13.336 keping untuk diberikan pada warganya yang telah melakukan perekaman bulan April hingga Mei 2018. “Sedangkan yang belum merekam total penduduk Konsel masih ada 24.103 jiwa. Yang tinggal dicetak ada 5.200. Sehingga kita berharap setelah ini kita bisa maksimalkan sesuai yang ditargetkan bupati,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top