Pariwara
Bombana

Kades di Bombana Harus Kreatif Manfaatkan Lahan Tidur

Ilustrasi Jagung

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap kepala desa (Kades) ditantang kreatif meningkatkan ekonomi di wilayah masing-masing. Salah satunya dengan manfaatkan tanah kosong atau lahan tidur dengan menggalakkan bercocok tanah seperti jagung atau kacang-kacangan. Hal tersebut disampaikan Bupati Bombana, H. Tafdil, akhir pekan lalu. Diakuinya, setiap desa masih sangat banyak memiliki lahan tidur. “Kalau pemerintah setempat kreatif, itu semua bisa jadi potensi ekonomi tinggi. Tidak usah banyak-banyak, lima hektar saja bila dimanfaatkan dengan baik bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah. Saya yakin setiap desa pasti memiliki lahan kosong, bukan hanya lima hektar pasti lebih dari itu,” paparnya.

Bupati dua periode itu mengaku menyiapkan bibit gratis bagi setiap desa yang akan memanfaatkan lahan kosong. Tak hanya itu, ia akan meminta dinas teknis menyiapkan pasar untuk hasil tanaman nantinya. “Butuh bibit apa, kami siapkan secara gratis. Saya sarankan, tanam jagung dan kacang yang panennya jangka pendek namun hasil melimpah. Kami bantu pasarkan, jadi sekarang Kades harus mencari di mana lahan kosong dan memanfaatkannya,” tegas Tafdil.

Ketua DPD PAN Bombana itu menggambarkan, memanfaatkan lahan tidur dengan menanam jagung atau kacang-kacangan, maka setiap desa dapat meraup keuntungan hingga Rp 30 juta setiap hektar sekali panen. “Bila setiap Kades memanfaatkan dengan baik potensi ini, wilayahnya akan cepat berkembang dan dapat memberikan lapangan kerja bagi warga . Insyaallah bisa membuat desa itu mandiri,” harapnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top