Pariwara
Wakatobi

Hari Ini, Festival Pulau Tukang Besi di Wakatobi Dimulai

Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Pulau Tukang Besi (FPTB) kembali dihelat tahun 2018 ini. Seperti biasanya, festival pulau-pulau selalu di mulai di pulau ujung tenggara Wakatobi yakni Pulau Binongko. Kali ini giliran Kecamatan Togo Binongko yang menjadi tuan rumah dalam even yang dihelat setahun sekali di Binongko ini.

Tentu saja segala persiapan telah rampung. Apalagi telah disiapkan sejak akhir tahun 2017 lalu. Sama dengan tahun sebelumnya, pembukaan FPTB kali ini juga akan dibuka langsung oleh Bupati Wakatobi, H. Arhawi, hari ini (21/6).

Sebagian besar rombongan dari kabupaten telah tiba lebih dulu di pulau Binongko pada hari Rabu sekira pukul 12.45 wita. Berdasarkan rencana, Bupati Wakatobi diperkirakan akan tiba di pulau Binongko pada hari Kamis (21/6) sekira pukul 10.00 wita. “Insya Allah, saya siap buka acara itu,” ujar Arhawi, rabu (20/6).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar mengungkapkan FPTB tahun ini kembali akan dibuka oleh Bupati Wakatobi. Even tahunan yang telah masuk dalam kalender pariwista ini akan menyuguhkan berbagai atraksi seni budaya masyarakat Binongko.

“Tema yang diusung yakni mengoptimalkan nilai-nilai religius dalam pengembangan pariwista Wakatobi. Sebagai daerah wisata, Wakatobi memiliki sejumlah budaya yang harus dilestarikan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Nadar.

Nadar melanjutkan, even yang akan menampilkan berbagai atraksi ini menjadikan pulau Binongko sebagai salah satu tujuan wisata berbasis religius. “Even ini juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat pulau Binongko,” tambahnya.

Sekadar diketahui berbagai kegiatan akan ditampilkan dalam FPTB tahun ini. Diantaranya, karnaval budaya, tari kolosal, pameran kuliner dan ekraf, pameran foto, pagelaran seni budaya, proses pembuatan parang, permainan tradisional, prosesi honutu dan homoru, permainan hebhangka-bhangka hingga lomba hekafou-fou. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top