Pariwara
Ramadhan

Momentum Intropeksi Diri, Oleh: Kombes Pol Kasero Manggolo

Kombes Pol Kasero Manggolo

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan merupakan bulan istimewa. Banyak hikmah yang bisa diambil di dalamnya. Terutama bagi umat muslim yang bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Bagi saya, dilihat dari sudut pandang manapun, Ramadan memiliki banyak keutamaan.

Tapi secara umum, sebagai umat muslim dan prajurit, Ramadan menjadi momentum tepat untuk intropeksi diri. Mengevaluasi semua yang telah kita lakukan 11 bulan sebelumnya dan menata 11 bulan berikutnya dengan penuh optimisme yang dilandasi dengan keimanan kepada Allah SWT.

Dalam bulan puasa ini, Allah SWT melatih kita untuk terbiasa dengan ibadah. Misalnya, siang hari kita berpuasa dan malam harinya menjalankan salat taraweh. Ini adalah bagian dari terbiyah yang seharusnya membuat kita terbiasa dan bisa terus dilakukan di luar Ramadan.

Umat muslim semakin termotivasi. Sebab, selama Ramadan, semua ibadah, sekecil apapun itu akan dilipatgandakan pahalanya. Tak hanya itu, Ramadan juga mengajarkan umat muslim untuk berbagi. Sebab, kita sadar bahwa sebagian harta yang dimiliki, ada hak orang lain. Makanya harus dikeluarkan sebagian, baik dalam bentuk zakat, sedekah maupun lainnya.

Di lembaga yang saya pimpin, selalu tekankan agar menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan kedisiplinan dalam tugas. Tidak boleh malas-malasan. Sebab, sebagai prajurit, akan mendapatkan pahala berlipat, jika mampu puasa dan menjalankan tugas dengan baik. (b/ade)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top