Pariwara
Konawe Utara

Serapan Anggaran Konut Capai 28 Persen

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Konawe Utara (Konut) mengklaim, serapan anggaran hingga April 2018 lalu dari total anggaran APBD Konut Rp 700 miliar lebih, cukup baik. Bahkan dinilai tertinggi dari beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu diungkapkan Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu.

“Serapan anggaran kita disemester pertama per April mencapai 28 persen dari total APBD. Karena ada serapan anggaran beberapa daerah dibawah 10 persen. Artinya, angka 28 persen serapan anggaran berarti penggunaan anggaran yang terdistribusi sesuai perencanaan,” bangga Marthen Minggu. Mantan Kepala Inspektorat Konut tersebut menjelaskan, dana yang dibelanjakan terdistribusi dengan baik sesuai progres program.

“Uang itu tidak tinggal di kas, tidak mengendap. Karena kalau serapan anggarannya kurang, pasti uangnya mengendap atau dibungakan di tempat lain,” ungkapnya. Serapan anggaran yang diklaim BPKAD telah mencapai 28 persen per April 2018 meliputi belanja pegawai, belanja modal dan dana rutin yang didalamnya telah termasuk anggaran proyek. Namun untuk dana alokasi khusus (DAK) diakui memang belum ada pembelanjaan. Sebab, DAK yang dimaksud masih dalam proses.

“Dananya juga belum masuk,” ujarnya. Makanya Marthen Minggu berharap pengelolaan anggaran terus dimaksimalkan Pemkab Konut, agar predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK Sultra bisa diraih. “Pengelolaan anggaran kita sudah bagus. Artinya kalau pihak rekanan ajukan permintaan dan dilengkapi administrasi, dananya ada dan siap. Sekarang kita juga fokus pada pengelolaan aset. Kita berupaya Konut bisa WTP,” tandasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top