Pariwara
Politik

14.311 Dukungan Balon Anggota DPD Akan Divertual

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sultra telah merampungkan proses pendaftaran dan penelitian adminsitrasi (Litmin) bakal calon anggota DPD RI 2019. Dari 64 pendaftar hanya 58 yang memenuhi syarat (MS) sisanya tidak memenuhi syarat (TMS). Saat ini, calon yang dinyatakan MS tengah di-verifikasi faktual (Vertual) yang dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 19 Juni 2018.

Ketua KPU Sultra, Laode Abdul Natsir mengatakan hasil litmin awal hanya 22 pendaftar yang dinyatakan MS dan 42 pendaftar TMS. Saat masa perbaikan, hanya 39 pendaftaran yang berkas dukungan yang MS dan 3 diantaranya ditolak. Namun setelah di-Litmin, sebanyak 36 yang dinyatakan MS.

“Jadi secara keseluruhan hanya 36 yang lolos di masa perbaikan. Bila ditambah hasil litmin awal, maka totalnya 58 calon,” jelas pria yang akrab disapa Ojo ini akhir pekan lalu.

Di konfirmasi terpisah, Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani mengaku telah menerima hasil Litmin tanggal 28 Mei lalu. Atas dasar itu, pihaknya melakukan pengundian nomor awal sampel terhadap 58 bakal calon perseorangan peserta Pemilu anggota DPD RI sehari kemudian atau tanggal 29 Mei.

“Pengambilan nomor awal sampel diperuntukan bagi dukungan yang lebih dari 10 di setiap kabupaten/kota. Nantinya Vertual menerapkan dua metode yakni sensus dan sampel acak. Sampel bagi yang dukungannya lebih dari 10 daerah, dan sensus bagi dukungan yang kurang dari 10 daerah,” jelasnya.

Tahap vertual lanjut mantan Ketua KPUD Kota Kendari, merujuk pada data dukungan yang memenuhi syarat berdasarkan hasil Litmin. Total dukungan 58 Balon anggota DPD yang akan diverifikasi faktual sebanyak 137.930 dukungan.

“Itu artinya, ada 137.930 penduduk di Sultra yang memberikan salinan KTP-nya kepada Balon DPD. Ini akan dibuktikan keabsahannya melalui verifikasi oleh KPU Kabupaten Kota selama 21 hari sejak 30 Mei hingga 19 Juni 2018,” jelasnya.

Namun dari jumlah itu kata mantan staf ahli DPRD Sultra ini, hanya 14.311 yang akan menjadi sampel. Pembuktian itu dilakukan dengan mendatangi alamat pendukungnya. Bisa juga, Balon yang bersangkutan menghadirikan para pendukung yang dijadikan sampel ke kantor KPUS kabupaten/kota. “Jadi, anggota di tingkat kabupaten/kota yang mengecek langsung. Kami yakin mereka akan bekerja dengan sangat baik,” bebernya.

Pada dasarnya, layanan terhadap bakal calon DPD mengenai penyerahan dukungan, penelitian administrasi hingga verifikasi adalah perlakukan yang setara dengan partai politik yang sebelumnya telah berproses. “Sama-sama menuju menjadi peserta, prosesnya hampir sama. Bedanya, aplikasi yang digunakan partai adalah SIPOL, sedang perseorangan DPD adalah SIPPP, selebihnya prosesnya sama,” tandasnya. (b/wan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top