Pariwara
Metro Kendari

Mudik Lebaran, BMKG Kendari : Waspada Gelombang Tinggi

KENDARIPOS.CO.ID — Secara umum kondisi cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga tiga hari ke depan masih bersahabat. Tidak ada ancaman hujan lebat dan angin kencang. Paling hanya potensi hujan ringan di beberapa wilayah, dan tidak akan terlalu mengganggu perjalanan mudik. Hal itu berdasarkan hasil prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kendari. Masih sesuai prakiraan, jalur penyeberangan di beberapa lokasi di Sultra berpotensi mengalami hujan ringan. Seperti jalur Baubau-Dongkala, Torobulu-Tampo, Kendari-Baubau hingga Kendari-Wanci.

Sementara untuk ketinggian gelombang, meski dalam batas wajar, namun tetap perlu diwaspadai. Di beberapa jalur penyeberangan di Sultra, ketinggian gelombang rata-rata 1,25 meter. Begitu juga dengan wilayah pelayaran, ketinggian gelombang maksimal 2 meter. Informasi ini dibenarkan Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kendari, Adi Istyono. “Gelombang maksimum bisa mencapai dua kali lipat. Makanya, perlu menjadi perhatian para pemudik,” kata Adi, Jumat (8/6/2018). Dia menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan prakiraan cuaca hingga 11 Juni mendatang. Secara umum cuaca Sultra cerah hingga berawan.

“Hanya ada beberapa wilayah berpotensi hujan ringan. Seperti di Sawerigadi, Langara, Wanggudu, Buranga, Raha, Kolaka utara, Kota Kendari, dan Konawe Selatan. Malamnya, umumnya wilayah Sultra Berawan,” jelasnya. Kemudian, untuk jalur perairan pada 9-11 Juni, ketinggian gelombang paling minimun 0,1 meter dan maksimal 2,0 meter. Itu terjadi di Perairan Baubau, Perairan Kepulauan Wakatobi, Perairan Menui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai, dan Perairan Kepulauan Sula. “Kami berharap masyarakat Sultra tetap memperhatikan informasi cuaca saat mudik supaya mempersiapkan diri,” harapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top