Pariwara
Konawe Utara

Distransnaker Konut : Segera Bayar THR Karyawan !

Hendra

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan bagi para pelaku usaha di Konawe Utara (Konut) untuk segera merealisasikan pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan, dilakukan pihak Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker). Bila hak pekerja tersebut tak direalisasikan dalam jangka waktu H-7 Idul Fitir, maka pengusaha siap-siap menerima sanksi dari pemerintah.

Penegasan itu diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Industrial (HI) Distransnaker Konut, Hendra. “Kami sudah melayangkan surat dari Pemkab yang ditandatangani langsung Pak Bupati pada seluruh pengusaha soal kewajiban perusahaan memberikan THR pada karyawan. Hal ini tertuang dalam surat keputusan Bupati Konut bernomor 658/1.365 perihal pemberian THR bagi buruh atau karyawan perusahaan,” tegas Hendra, Kamis (7/6).

Surat yang dilayangkan oleh Pemkab Konut merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2016 tentang pemberian THR bagi buruh atau karyawan sebagaimana diamanatkan dalam pasal 1 ayat 1. Perusahaan wajib merealisasikan tunjangan keagamaan nonupah bagi karyawannya. Bagi pengusaha yang enggan memberikan THR pendapatan nonupah, maka siap-siap sanksi administrasi dan pidana diberikan. Pemkab Konut enggan berspekulasi dalam persoalan ini. Makanya, peringatan bagi pelaku usaha dilakukan.

“THR yang diberikan harus dalam bentuk tunai dengan ketentuan satu bulan gaji pokok yang disesuaikan dengan masa kerja karyawan. Bukan dalam bentuk bingkisan atau parsel,” warning Hendra. Bidang HI Distransnaker juga telah membentuk Posko pengaduan bagi karyawan yang haknya tak diberikan. “Selesai lebaran kami akan turun lapangan mengecek kebenaran pembayaran THR setiap perusaaan. Bila terbukti, pasti ada sanksi,” janjinya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top