Pariwara
Konawe

ASN Konawe Boleh Mudik Pakai Mobdis

Hj. Asriani Porosi

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sebenarnya telah melarang penggunaan kendaraan atau mobil dinas untuk mudik Lebaran 2018. Ultimatum tersebut bahkan tertuang dalam dalam surat edaran nomor B/21/M.KT.02/2018 yang diterbitkan Selasa, 5 Juni 2018 lalu. Surat itu sekaligus merevisi pernyataan Menteri PAN-RB, Asman Abnur yang sebelumnya membolehkan penggunaan mobil dinas untuk mudik.

Meski begitu, di Konawe, Sekretaris Kabupaten (Sekab), Hj. Asriani Porosi, tetap mengizinkan para aparatur sipil negara (ASN) menggunakan mobil dinas untuk mudik. Alasannya, kendaraan plat merah itu lebih baik dimanfaatkan. “Selama ini kan mobil dinas tidak diperbolehkan, karena dilarang pemerintah pusat. Tapi, tahun ini tidak dilarang, asalkan tak memakai biaya kantor, untuk perawatan dan operasionalnya. Apalagi, mudiknya orang Konawe mayoritas di Kendari,” ungkap Sekab Konawe, Hj. Asriani Porosi, kamis (7/6).

Ia menjelaskan, mobil dinas bisa digunakan, namun bahan bakar minyak (BBM) tidak disediakan Pemkab. Begitu juga dengan biaya lain yang keluar selama perjalanan mudik dan arus balik, misalnya, servis kendaraan dinas, semua ditanggung pemakai. “Kalau mau pakai Mobdis, silahkan. Asalkan semua ditanggung sendiri, tidak boleh dibebankan ke kantor, karena digunakan untuk pribadi, dan bukan kepentingan kantor,” jelasnya.

Ia menambahkan, usai mudik, pegawai yang membawa Mobdis harus memastikan kendaraan itu dalam keadan baik, tidak rusak sedikitpun. “Salah satu konsekuensinya, harus bertanggungjawab kalau ada kerusakan, karena Pemkab tidak akan mengeluarkan biaya perbaikan untuk kepentingan pribadi,” pungkasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top