Pariwara
Muna

11 Armada Laut, 3 Bus Gratis Siap Layani Pemudik di Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pemudik yang akan memasuki Kabupaten Muna diperkirakan mengalami lonjakan pada Sabtu (8/6) besok. Dinas Perhubungan setempat memprediksi kenaikan penumpang mencapai hampir dua kali lipat dari hari biasa. Sejumlah langkah antisipasi sudah disiapkan diantaranya menyediakan bus gratis dan Posko mudik pada sejumlah titik.

Kepala Dinas Perhubungan Muna, La Oba, mengatakan, jumlah pemudik tidak dapat dipastikan. Hanya saja persentasinya diprediksi naik 60 persen dari hari biasa. “Jumlah pasti berapa, sulit dihitung. Hanya saja prediksi kami mulai Sabtu sudah akan padat,” jelasnya, Kamis (7/6). Informasi yang dihimpun, dalam hari biasa jumlah penumpang bisa mencapai 90 persen. Untuk jalur kapal cepat, terdapat dua unit kapal dengan kapasitas masing-masing mencapai 250 kursi. Kapal cepat sendiri melayani rute dua kali sehari. Sedangkan penyebarangan Tampo-Torobulu dilayani dua feri dengan kapasitas penumpang hingga 300 kursi dengan frekuensi empat kali sehari. Sedangkan kapal malam, kapasitas ranjang mencapai 400 buah.

“Puncak mudik nanti kapal cepat akan ada lima unit. Tinggal dihitung saja dengan kapasitas yang ada. Feri akan ada tiga unit juga. Belum termasuk jalur Amolengo hingga Maligano atau Pure dengan satu feri. Juga belum termasuk kapal yang beroperasi malam ada dua unit,” rincinya. Untuk armada sendiri, Dishub Muna menyiapkan tiga unit bus gratis yang siap melayani pemudik ke tempat tujuan. Bus akan beroperasi di Pelabuhan Nusantara Raha sebanyak dua unit dan Pelabuhan Tampo satu unit. “Siapa saja boleh menggunakan layanan bus gratis itu,” jelasnya.

La Oba berharap mudik kali tahun ini berjalan lancar. Ia juga sudah menyiapkan Posko untuk memantau mudik di lokasi strategis. “Ada di Tampo, Laino dan Pelabuhan Nusantara. Personel kami yang siap 20 orang dibantu aparat kepolisian,” imbuhnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top