Pariwara
Hukum & Kriminal

Tepergok Bawa Bom Ikan, Dua Nelayan di Bombana Diamankan

BOM IKAN : Dua nelayan (duduk, tengah dan kanan) saat diamankan personel Polsek Rumbia. Keduanya ketahuan mencari ikan dengan menggunakan bom ikan. Foto: Kamaruddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Menjarah kekayaan laut Bombana menggunakan bahan peledak, Maiyanto (27) dan Darwis (22) harus mendekam dalam sel tahanan Mapolsek Rumbia. Dua nelayan asal Desa Terapung Kecamatan Poleang Tenggara itu diamankan di perairai Desa Laino Kecamatan Mataoleo. Polisi mengamankan barang bukti kapal kayu dan beberapa bom ikan yang siap diledakkan.

Kapolsek Rumbia Iptu Nur Sultan menjelaskan penangkapan dua nelayan itu bermula dari patroli laut yang dilaksanakan Polsek Rumbia yang ia pimpin diperairan Desa Lora dan Desa Laino. “Saat itu kami patroli rutin sore dan kami melihat pelaku sedang membawa kapal kayu dan gerak-geriknya mencurigakan,” ujar Iptu Nur Sultan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/6).

Curiga dengan gerak-gerik nelayan, polisi mendekati kapal pelaku. Maiyanto yang sedang memegang kemudi kapal, langsung melarikan diri. Aksi kejar-kejaran antara petugas dan nelayan tak terhindarkan. “Setelah melakukan pengejaran, akhirnya pelaku berhasil kami tangkap, dan kami temukan barang bukti berupa satu botol bom ikan berisi pupuk. Dan serbuk korek kayu yang ditutup dengan potongan sandal,” jelas Iptu Nur Sultan.

Kedua pelaku diamankan karena melanggar pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 LN nomor 78 tahun 1951. “Kasus ini terus kami kembangkan untuk mencari pelaku lainnya. Kami akan periksa pelaku dan beberapa saksi. Untuk mencari dimana para tersangka mendapatkan bahan dan Handak tersebut. Dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya sesuai pasal yang dilanggar pelaku diancam hukuman minimal 10 tahun penjara,” tutup Iptu Nur Sultan. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top