Pariwara
Konawe

Satgas Pangan Konawe Operasi Pasar

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
OPERASI PASAR : Satgas Pangan Konawe saat melakukan operasi di Pasar Asinua, kemarin. Tim itu hendak memastikan kondisi harga dan stok barang yang dibutuhkan warga, tetap stabil.

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang hari raya Idul Fitri, masyarakat berbondong-bondong ke pasar, memenuhi kebutuhan. Untuk mencegah lonjakan harga, Satgas Pangan dari Polres Konawe, Dinas Ketahanan Pangan dan Perum Bulog Subdivre Unaaha menggelar operasi stabilisasi di Pasar Asinua, Rabu (6/6). Mereka menyediakan beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, bawang putih dan gula pasir dengan harga terjangkau. Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasatreskrim, Iptu Rachmat Zam Zam mengatakan, operasi itu merupakan salah satu program institusinya sebagai satuan tugas (Satgas) Pangan berdasarkan instruksi Presiden, yang diturunkan pada setiap Polda, untuk menekan harga sembako di pasaran, utamanya jelang hari raya. “Jadi, bukan hanya pada satu pasar, sudah banyak. Sebelumnya di Lambuya, dan Ameroro,” ujarnya, rabu (6/6).

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Andi Nurhayati, menyebutkan, pihaknya menyediakan beberapa produk bahan pokok dengan harga relatif murah dibandingkan harga pasaran. Untuk beras medium dijual Rp 8.500 perkilogram, premium Rp 10 ribu perkilogram, terigu Rp 8.000 perkilogram, gula Rp 12.500 perkilogram dan minyak Rp 12.500 perkilogram. “Kita menjual lebih rendah dari harga eceran tertinggi di pasaran. Misalnya gula kalau di pasar ada harga Rp 13 ribu perkilogram, kita jual Rp 12.500,” jelasnya.

Sejauh ini, Satgas Pangan telah melakukan operasi pada enam pasar di wilayah Konawe dan berhasil menyalurkan empat ton gula, tiga ton gula serta 720 liter minyak goreng. “Tahun ini, ketersediaan pangan kita sangat cukup, terutama menghadapi lebaran. Dipastikan tidak ada kelangkaan. Selain itu, antusias masyarakat belanja operasi pasar cukup tinggi, terutama di Pasar Asinua,” ungkapnya. Pihaknya masih akan menggelar kegiatan serupa sebab banyaknya permintaan dari kecamatan untuk operasi pasar. “Besok (hari ini) kita di Pasar Wawotobi. Harapan kami dengan operasi pasar ini kami bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan jelang lebaran, dan menjaga kestabilan harga bahan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top