Pariwara
Buton Tengah

Loba-Loba di Buteng Masuk Nominasi Gua Terunik

Safrin

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award yang digagas Kementerian Pariwisata, salah satu destinasi di Buton Tengah (Buteng) berhasil masuk nominasi gua unik dan terpopuler. Obyek tersebut adalah gua bawah laut Loba-Loba di Desa Onewaara, Kecamatan Sangiawambulu. Kadis Pariwisata Buteng, Safrin, mengungkapkan, hingga Rabu (6/6), sudah terhitung tiga hari Gua Loba-Loba masuk nominasi wisata terunik dan terpopuler karena pintu masuknya melalui bawah laut, tembus ke darat dan ada cahaya yang menerangi gua. Pihaknya mengusulkan agar gua itu bersaing dengan daerah lainnya dalam kategori wisata terunik terpopuler.

“Nominasi ini merupakan peluang bagi kita untuk promosi wisata, apalagi kalau berhasil meraih juara. Tentunya, akan menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Kendati sudah ada beberapa penyelam yang berkunjung di gua ini. Kemudian akan mendorong pertumbuhan sektor riil yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya, rabu (6/6). Mantan Sekretaris Pariwisata Buteng itu menjelaskan, jika penilaian nominasi menggunakan sistem vote. Hal itu bisa dilakukan melalui short message service (SMS) atau menggunakan aplikasi APIAward. Juara kategori akan ditentukan melalui hasil vote yang dilakukan. “Dukungan yang diberikan akan berakhir tanggal 31 Juni 2018 mendatang,” sambungnya.

Safrin mengungkapkan, sebenarnya ada lima destinasi di Buteng yang diusul, namun hanya Loba-Loba meraih nominasi. Empat obyek lainnya adalah Pantai Bungi di Talaga (kategori surga tersembunyi), Pantai Mutiara Mawasangka (kategori wisata baru) serta Kamomoose (kategori budaya) dan Villa Ramjane (wisata kreatif). “Untuk kategori wisata terunik terpopuler, total ada sepuluh wisata yang masuk nominasi, semua berasal dari luar Sultra. Untuk Sultra, ada enam daerah wisata yang lolos nominasi. Untuk program 2019 mendatang kami fokus pada program cave adventure, tentunya melibatkan semua pihak terkait,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top