Pariwara
Kolaka Utara

Harga Kebutuhan Pokok di Kolut Stabil

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
STOK PANGAN : Petani Kolut memanen cabai dibantu aparat TNI. Harga kebutuhan rumah tangga tersebut menjadi normal karena ditunjang hasil panen yang mencukupi stok di Bumi Patampanua tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terpantau stabil di pasaran mendekati Idul Fitri tahun ini. Dari pengawasan monitoring yang tergabung dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kolut pada Rabu (6/6), justru sebagian besar mengalami penurunan, terkecuali kentang yang mengalami kenaikan dan bertahan dalam beberapa pekan terakhir.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kolut, Nurbaeti, menjelaskan, dalam beberapa hari ini pihaknya terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok termasuk ketersediaannya di pasaran. Disimpulkan, hampir semuanya mengalami penurunan. “Benar, rata-rata harga stabil dan bahkan banyak yang turun. Pagi tadi (rabu (6/6), red) usai dicek lagi hanya kentang saja yang masih naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp. 17 ribu per kilo,” akunya.

Normalnya harga kebutuhan pokok di wilayah itu menurut Nurbaeti, ditopang dengan ketersediaan produk pangan di pasaran yang didistribusikan baik dari lokal Kolut maupun di luar wilayah kabupaten, seperti Sulawesi Selatan. “Tentu kami terus mengeroscek di sejumlah pasar di daerah ini,” ujarnya. Hanya saja, untuk sepekan ke depan, ia belum mengetahui lebih pasti apakah kondisi harga itu terus bertahan atau justru mulai melonjak. Alasannya, jelang dan sesudah lebaran Idul Fitri, memasuki masa liburan. Makanya, pengawasan dan monitoring lebih diintenskan sepekan ini.

Beberapa kebutuhan pokok bertarif normal dalam sepekan terakhir ini adalah beras hingga telur. Sementara produk yang lebih dahulu turun seperti minyak goreng dan garam. Wortel, cabai, bawang hingga daging yang sempat naik, kini berangsur stabil. “Jadi hanya berkisar pada kata turun dan normal. Tidak ada yang naik terkecuali yang memang sudah jauh hari sebelumnya melonjak seperti kentang itu,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top