Pariwara
Ramadhan

Membentuk Pribadi Saleh dan Tangguh, Oleh: La Bakry

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan memiliki banyak keisitimewaan bagi kaum muslimin. Bulan ke sembilan dalam tahun Hijriyah ini, lebih baik dari 11 bulan lainnya. Di bulan penuh berkah ini, segala amalan kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Pintu ampunan terbuka lebar bagi setiap hamba yang mau bertobat.

Tak hanya itu, Ramadan juga bisa membentuk pribadi yang saleh dan tangguh. Lewat gemblengan puasa sebulan penuh, kaum muslimin dilatih untuk bersabar dan menahan segala hawa nafsu. Diharapkan, setelah keluar dari bulan penuh kemuliaan ini, kita semakin lebih baik.

Kesalehan itu tidak hanya untuk pribadi saja, tapi harus berdampak pada lingkungan sekitar. Misalnya, kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan semakin bertambah. Itu bisa ditunjukkan dengan kemauan kita untuk berbagi. Ringan menolong sesama serta ibadah juga meningkat.

Dari aspek pekerjaan juga begitu. Setelah menjalani gemblengan selama sebulan, maka aparatur sipil negara (ASN) harus menujukkan kinerja yang lebih baik. Harus lebih disiplin, bekerja sesuai tupoksinya dan paling penting melakukan pelayanan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Harapan saya seperti itu yang bisa dipetik dari hikmah Ramadan tahun ini.

Prinsipnya, Ramadan merupakan momentum bagi kaum muslim untuk menjalani penggeblengan agar menjadi hamba yang bertakwa. Juga menjadi pribadi yang semakin baik dalam hubungan dengan sesama manusia maupun dengan Sang Khalik (ALLAH SWT). (b/mel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top