Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Wabup Kolut Minta Asistensi APBdes Ditunda

H. Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Gerakan wajib dalam pemanfaatan 30 persen dana desa (DD) dengan mengaplikasikan sistem padat karya tunai di desa (PDPT) merupakan program prioritas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Di Kolaka Utara (Kolut) diduga masih ada beberapa desa yang belum melaksanakan hal itu dalam melibatkan masyarakat mendapatkan lapangan kerja sementara.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, mengakui, adanya desa yang belum menerapkan program tersebut. Bahkan, beberapa Kades yang belum mengikuti aturan tersebut sudah pernah diingatkan. “Sudah ada beberapa desa sempat saya ingatkan. Seperti Desa Tondoung Merah sebelumnya juga saya ingatkan dan telah menjalankannya,” bebernya, Senin (4/6).

Ia juga sudah menyampaikan ke pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) agar aparatur yang mengajukan asistensi APBdes, harus ditunda dulu jika tak memenuhi instruksi tersebut. “Saya sudah sampaikan agar jangan diloloskan (tunda asistensi) dan Kadisnya menyatakan siap,” tegas H. Abbas.

DD 30 persen yang digerakkan dalam proyek padat karya tunai menurut Abbas setidaknya menjadi peluang bagi Kades dalam menciptakan kegiatan yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat, meskipun bersifat sementara. Paling tidak, ada gerakan perputaran ekonomi di masing-masing wilayah.

Untuk proyek infrastruktur misalnya selain tenaga lokal, juga materialnya digarap di desa setempat. Artinya, ada perputaran ekonomi dalam wilayah tersebut karena baik pekerja dan bahan proyek memanfaatkan potensi yang tersedia di desa masing-masing. “Saya kira Kadesnya sendiri akan mendapatkan masalah baru ke depan jikalau tidak menjalankan instruksi menteri tersebut,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top