Pariwara
Politik

Jika Diamanahkan Memimpin, Rusda-Sjafei Jamin Sultra Cepat Maju

OPTIMIS TERPILIH: Pasangan calon nomor urut 3, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (pegang mic) sangat yakin bisa menjadikan Sultra lebih cepat maju, jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Sultra. Saat ini, keduanya terus “bergerilya” menyampaikan program andalannya ke masyarakat. Foto: Marwan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Rusda Mahmud-Sjafei Kahar terus “bergerilya” menemui masyarakat. Kampanye terbatas yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pasangan nomor urut 3 ini meyakinkan masyarakat, jika terpilih nanti, maka pembangunan Sultra akan lebih cepat.

Jaminan itu kembali diungkapkan Rusda Mahmud usai bertemu tim relawannya, senin (4/6). Mantan Bupati Kolaka Utara ini mengaku memiliki “segudang” program untuk merealisasikan janji tersebut. “Kami sudah merumuskan segala persoalan yang terjadi di Sultra beserta solusinya. Jadi, ketika terpilih, bisa langsung diaplikasikan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, permasalahan utama di daerah ini adalah terkait pengelolaan pendidikan menengah atas dan tenaga kesehatan di Sultra. Itu ada pada penyediaan sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar, serta distribusi tenaga medis. Khususnya dokter sangat tidak berimbang, apalagi pada daerah dengan kesulitan geografis yang tinggi. “Kita ambil contoh di Konkep dan Wakatobi serta beberapa daerah pemekaran. Kondisinya masih butuh perhatian serius,” jelasnya.

Persoalan itulah, lanjut dia, mendorong Rusda-Sjafei merumuskan solusi pada setiap masalah. Seperti tercantum dalam tujuh hak dasar masyarakat yang dituangkan pada visi misi paslon nomor 3 tersebut. “Kami mencanangkan program 7 hak dasar masyarakat dan salah satunya hak cerdas. Acuannya adalah peningkatan kualitas dan mutu pendidikan serta kesehatan,” terangnya.

Bagi Rusda-Sjafei, masalah pendidikan dan kesehatan tak kalah pentingnya setelah urusan ekonomi. Dia menambahkan, peningkatan kualitas pendidikan harus sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan IPTEK, menuntut ketersediaan fasilitas belajar mengajar yang memadai. Seperti pengembangan dan peningkatan fasilitas pendukung pendidikan (teknologi komputer, laboratorium, perpustakaan digital).

Lebih jauh Rusda menjelaskan, peningkatan infrastruktur, kualitas SDM, pemerataan, penempatan dan kesejahteraan tenaga pengajar dan tenaga medis merupakan hal mendesak yang harus diperhatikan. Termasuk penunjangnya, seperti pengembangan sistem digital dalam pelayanan kesehatan yang responsif terintegrasi dengan penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan. “Sebab, pengelolaan data identitas, dan rekam medis pasien akan didigitalisasi. Sehingga memudahkan proses administrasi termasuk penentuan tindakan yang akurat. Ini sangat penting sekali diterapkan,” katanya.

Masih menurut Rusda, pemerintah perlu menciptakan stimulus bagi terciptanya budaya pendidikan yang inovatif. Stimulus ini diharapakan mampu menarik minat pelajar, sehingga hal-hal negatif yang mengancam pelajar seperti narkoba, pergaulan bebas dan kenakalan remaja bisa diminimalisir. “Komitmen kami seperti itu. Harus ada gebrakan dengan menyelenggarakan event-event dan kompetisi antar pelajar/sekolah. Dengan begitu, mereka akan tumbuh dengan prestasi,” optimisnya.

Dengan semua gagasan cerdas yang tertuang dalam program “Hak Cerdas” tersebut, Rusda Mahmud sangat yakin, Sultra akan cepat maju kalau dirinya bersama Sjafei Kahar diberi kesempatan memimpin. “Kami sangat yakin dengan itu,” imbuhnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top