Pariwara
Kolaka Utara

241 Personel Amankan Jalur Mudik Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
SIAGA MUDIK : Ratusan personel keamanan lintas sektor akan disiagakan pada tiga Posko utama pada sepanjang jalur Trans Sulawesi di Kolaka Utara, mengantisipasi mudik lebaran tahun ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Frekuensi kendaraan pada jalan Trans Sulawesi di Kolaka Utara (kolut), yang menjadi jalur utama menuju Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) dipastikan mengalami peningkatan pada musim mudik lebaran tahun ini. Pada rute yang membentang sepanjang 729,28 kilometer (km) itu akan didirikan tiga posko induk dengan melibatkan 214 personel keamanan.

Rapat koordinasi (Rakor) lintas instansi rencana pengamanan operasi itu telah digelar dipimpin langsung Kapolres Kolut, AKBP Bambang Satriawan, Senin (4/6). Pemkab diwakili Asisten I, Zainuddin, termasuk Kajari, Andi Fahruddin dan Danramil Lasusua, Kapten Inf. Basir. AKBP Bambang Satriawan berharap, pengamanan dalam mudik lebaran ini berjalan tertib dan terkendali agar warga yang melakukan perjalanan baik secara individu atau bersama keluarga sampai di tujuan dengan selamat.

100 personel terdiri dari jajarannya dan selebihnya didukung anggota dari satuan mitra Polri baik dari TNI, Dishub, Pol PP, Damkar, BPBD, Dinkes dan PMI dan lainnya. Tiga Pospam akan berdiri di batas kabupaten antara Kolaka-Kolut yakni di Kecamatan Wawo, Dermaga Feri Tobaku-Siwa di Kecamatan Katoi serta di Kecamatan Tolala yang menjadi batas Kolut-Luwu Timur (Sultra-Sulsel). “Bagi para pemudik yang mengalami kendala dalam perjalanan silahkan mendekati Pospam terdekat atau di Polsek masing-masing wilayah,” ucapnya.

Untuk pengamanan, titik-titik yang menjadi pusat keramaian baik di pasar hingga Perbankan juga akan menjadi pantauan intens petugas. Beberapa peluang kejahatan seperti Curanmor, penganiayaan, kebakaran hingga macet memungkinkan terjadi karena jumlah penguna jalan meningkat. Untuk menjaga Kamtibmas di seluruh wilayah tugasnya, beberapa upaya aparat dilakukan dengan deteksi dini. Di Pelabuhan Tobaku misalnya, dalam beberapa waktu ke depan akan mengalami peningkatan penumpang guna melakukan perjalanan menuju Sulsel. Secara resmi, pasukan pengamanan jelang mudik lebaran ini siap diterjunkan usai gelar pasukan, Rabu (6/6) besok yang dirangkai dengan sosialisasi tiga pilar pada kantor Mapolres baru di By Pass Lasusua. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top