Pariwara
Konawe Utara

Zakat Fitrah Konut Rp 30 Ribu

Ld Amanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Besaran zakat fitrah pada bulan Ramadan 1439 Hijriah baru saja ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Dari penetapan zakat bersama Kementerian Agama Konut dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut, ada kenaikan besaran dari tahun sebelumnya. 2017 lalu zakat tertinggi Rp 28 ribu perjiwa dan terendah Rp 21 ribu perjiwa, disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi warga Konut berdasarkan klaster. Sedangkan pada tahun ini besaran zakat naik menjadi Rp 30 ribu perjiwa dengan asumsi warga mengonsumsi beras super atau kepala.

Sementara warga yang mengonsumsi beras ciliwung besaran zakatnya Rp 28 ribu perjiwa. Sedangkan untuk masyarakat pengonsumsi beras Bolog besaran zakatnya Rp 25 ribu. Bila diasumsikan pada beras masing-masing mengeluarkan zakatnya sebanyak 3,5 liter perjiwa. “Dari penetapan zakat fitrah pada tahun ini dibagi berdasarkan tiga klaster dengan menyesuaikan konsumsi warga. Ada kelas atas, menengah dan bawah. Tinggal memilih saja,” ujar Kabag Humas dan Sandi Pemkab Konut, Ld Amanuddin, Sabtu (2/6).

Mantan Kepala ULP Konut itu menjelaskan, selain menetapkan besaran zakat, Pemkab juga menetapkan amil zakat masing-masing desa atau kelurahan. Nantinya mekanisme pengelolaan zakat fitrah yang diterima oleh amil sebesar 20 persen. “Setiap amil zakat diwajibkan untuk membuat laporan tentang besaran jumlah zakat fitrah yang diterima. Laporan itu nantinya akan diteruskan pada Bupati Konut dan Kepala Kemenag Kabupaten sebagai pertanggungjawaban penerimaan zakat,” pungkas Ld Amanuddin. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top