Pariwara
Ramadhan

Safari Ramadan di Masjid Fastabiqul Khairat, Sulkarnain : Mari Menjadi Insan Dermawan

Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (diatas mimbar) saat menyampaikan materi ceramah dalam safari ramadan yang dihadiri jemaah Masjid Fastabiqul Khairat Kelurahan Wundumbatu

KENDARIPOS.CO.ID — Safari ramadan Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terus berjalan. Giliran Masjid Fastabiqul Khairat Kelurahan Wundumbatu, menjadi tempat safari ramadan Sulkarnain Kadir. Masjid tersebut, pendamping Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra ini menuturkan keutamaan dan hikmah ramadan. Menurutnya, Allah SWT begitu banyak memberikan pahala bahkan dilipatgandakannya setiap amal saleh yang dilakukan umat muslim selama bulan ramadan berlangsung. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan ketakwaan. Hal itu sesuai dengan tujuan akhir yakni la’allakum tattaqun (QS. 2.183).

Saat ini lebih dari separuh Ramadan sudah terlewati. Umat muslim melalui puasa yang dijalani dengan menahan lapar, haus dan syahwat agar puasanya tuntas setiap harinya. Dengan sudah melewati separuh ramadan, maka setiap insan yang berpuasa sudah selayaknya menjadi karakter yang lebih sabar. Selain itu, di bulan suci ini pula, setiap orang akan lebih dermawan karena senantiasa berbagi. “Tentunya di bulan Ramadan ini, kita lebih mudah melaksanakan ibadah karena sudah terlatih. Sehingga ini akan menjadi kebiasaan pada bulan-bulan diluar ramadan,” ujar Sulkarnain Kadir kepada jemaah Masjid Fastabiqul Khairat.

Lebih dari itu, sekiranya ada sebuah komitmen bahwa setelah ramadan ini, setiap manusia kembali suci tanpa cacat sedikitpun. Sebab, ada perubahan sikap dan sifat selama menjalankan ibadah puasa. Layaknya mengambil ibrah, kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu. Bukan puasanya ular, usai makan lalu tidur dan bangun ketika lapar saja, demikian seterusnya. “Sehingga yang berubah hanya kulitnya saja atau fisiknya saja. Dari analogi itu, maka sudah sepantasnya ramadan ini membuat kita bukan berubah, baik fisik maupun sifat ke arah yang lebih baik hati, misalnya menjadi lebih dermawan dan mudah melaksanakan perintah salat lima waktu,” ungkap Sulkarnain Kadir. (wan/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top