Space Iklan
Pariwara
Konawe Utara

Rp 22 M Bayar Gaji 13 dan 14 ASN Konut

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) Konawe Utara (Konut), telah disiapkan pemerintah kabupaten (Pemkab). Angkanyapun mencapai Rp 22 miliar. Angka sebesar itu diporsikan untuk gaji 13 ASN dan gaji 14 untuk THR tersebut. Rencananya, Pemkab Konut melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan mendistribusikan THR ASN mulai Selasa (5/6) besok. Dari Rp 22 miliar itu, BPKAD hanya akan menyalurkan secara bertahap untuk gaji 14.

Sedangkan gaji 13 ASN baru akan didistribusikan pada Juli mendatang. Itu berdasarkan petunjuk dari pemerintah pusat. “Gaji 14 itu akan dibayarkan mulai Senin sampai Rabu. Gaji 14 itu sudah termasuk THR. Berbeda dengan gaji 13 yang dibayarkan nanti Juli. Karena dana itu untuk biaya pendidikan. Total keseluruhan antara gaji 13 dan 14 itu sekitar Rp 22 miliar,” rinci Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, Sabtu (2/6).

Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menjelaskan besaran dana Rp 22 miliar itu tidak hanya diporsikan untuk ASN secara keseluruhan. Melainkan dari dana itu didalamnya sudah termasuk gaji 20 anggota DPRD. “Tapi itu di luar tunjangan perumahan. Itu berdasarkan arahan pusat,” ujar Marthen Minggu. Mantan Sekdis Bappeda Konut tersebut menambahkan, dana untuk membayar gaji 13 dan 14 ASN serta anggota DPRD tak mendapatkan dukungan anggaran dari pusat. Melainkan murni dibebankan melalui APBD.

Makanya bila ada Pemkab yang tidak mengantisipasi, maka akan berimbas dengan pembayaran gaji 13 dan 14 tersebut. Untungnya, BPKAD Konut sudah mengantisipasi hal itu, sehingga tak menjadi kendala. “Dananya tidak ada dari pusat. Pengumuman dari Menteri Keuangan itu langsung dibebankan oleh daerah. Jadi total APBD kita sekitar Rp 700 miliar lebih. Dananya diambil dari situ, kalau Pemkab Konut sendiri siap membayar itu, tanpa harus mengganggu pos lain,” pungkas Marthen Minggu. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top