Pariwara
Nasional

Pejabat OJK Sultra Juara Lomba Pidato Tingkat Nasional

JUARA: Kasubbag Pengawasan Bank OJK Sultra, Ridhony Marisson Hasudungan Hutasoit berhasil menyabet juara 2 dalam lomba pidato ASN tingkat nasional yang diselenggarakan Kemenkoinfo) dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018. Foto: OJK SULTRA FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Ridhony Marisson Hasudungan Hutasoit berhasil mengharumkan nama Sulawesi Tenggara (Sultra) di kancah nasional. Kasubbag Pengawasan Bank 2 OJK Sultra ini menyabet juara 2 dalam lomba pidato ASN tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018.

“Capaian ini berkat doa dan dukungan dari teman-teman di OJK Sultra. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anak muda di Sultra untuk berprestasi di kancah nasional,” ungkap Ridhony, minggu (3/6). Ridhony patut berbangga karena dia mampu menyisihkan ratusan bahkan mungkin ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Sebab, lomba yang mengangkat topik “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital” ini ditujukan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia. Prosesnya juga tidak mudah. Diawali dengan seleksi melalui media digital. Yaitu mengirimkan video rekaman pidato ke e-mail panitia penyelenggara. Pada tahap ini, Ridhony mengirim rekaman pidato berjudul: Mencintai Negeri Tanpa Batas Akhir. “Inti dalam pidato yang saya kirim itu adalah memuat current isues yang terjadi di negeri ini. Serta ajakan untuk kita bangkit menghadapi perubahan zaman dan era digital,” jelasnya.

Pidato ini, kemudian dia tuangkan dalam rekaman video yang apik dan dipublish di youtube (https://youtu.be/uC09DbeFnjA). Video yang berdurasi 5 menit ini akhirnya terpilih menjadi salah satu finalis dari 10 finalis yang ditetapkan panitia lomba. “Saya sangat senang ketika masuk 10 besar,” ujarnya.

Masuk finalis, tantangan Ridhony makin besar. Dia harus bersaing dengan sembilan finalis lainnya. Mereka adalah perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian Kominfo, Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Banyuwangi.

Puncak lomba dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta. Tepatnya pada 24 Mei 2018 dan dihadiri langsung Menteri Kominfo, Rudiantara. Menurut Ridhony, pada tahap akhir, finalis membawakan secara langsung pidatonya dihadapan dewan juri yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Dr. Daniel Dhakidae (Penulis Buku dan Tokoh Pers Senior yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Balitbang Kompas), Gatot S. Dewa Broto (Sesmenpora yang juga dikenal sebagai Tokoh Humas Indonesia) hingga Prof. Dr. Henri Subiakto selaku Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum dan Guru Besar Universitas Airlangga.

Tampil dihadapan dewan juri hebat, tak membuat Ridhony gugup. Malah sebaliknya, dia makin bersemangat. Dengan gaya berpidato ala Soekarno (berapi-api) serta didukung konten pidato yang berbobot, sehingga membuat dewan juri kagum. Hasilnya, berdasarkan penilaian dewan juri pejabat OJK Sultra ini mampu menyabet juara 2. “Prestasi ini tidak hanya membuat OJK semakin dikenal masyarakat, tapi juga mengharumkan nama Sultra dikancah nasional,” imbuhnya. Dirinya berharap, capaian ini bisa mendorong setiap anak muda, khususnya di Bumi Anoa untuk terus mengibarkan semangat berprestasi untuk kemajuan daerah. Bukan hanya skala nasional tapi juga internasional. (rls/ing)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top