Pariwara
Wakatobi

FPTB Siap Dihelat di Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Sama seperti tahun sebelumnya, Festival Pulau Tukang Besi (FPTB) di Binongko akan menjadi event pulau pertama yang terselenggara di Kabupaten Wakatobi pada tahun 2018 ini. Sesuai jadwal yang telah dilaunching sebelumnya, FPTB akan dihelat tanggal 21 hingga 23 Juni mendatang. Artinya, waktu untuk mempersiapkan segala keperluan yanga ada, tak cukup sebulan lagi.

Untuk mencapai hasil memuaskan, persiapanpun telah dilakukan. Dengan waktu yang tidak terlalu lama lagi ini, FTPB telah mencapai 80 hingga 90 persen. Begitu juga dengan target kunjungan acara ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memprediksi akan lebih dari 1.000 pendatang yang akan menyaksikan FPTB di Kecamatan Togo Binongko ini.

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar, mengungkapkan, panitia lokal maupun kabupaten telah melakukan koordinasi dengan baik. “Persiapan sudah hampir rampung. Apalagi sebelumnya camat dan panitia lokal telah membentuk tim sejak akhir tahun 2017 lalu,” ungkap Nadar.

Laporan terakhir yang diterima pihaknya, kegiatan sangat sudah siap dilaksanakan. Mulai dengan pembukaan yang nantinya akan dibuka dengan tari kolosal dan kultural Pulau Binongko. “Sepeti halnya penampilan kegiatan pandai besi. Ini menjadi kekuatan yang menjadi potensi budaya dan pariwista di Pulau Binongko,” tambahnya.

Selain itu berbagai atraksi budaya juga ditampilkan dalam festival yang telah terselenggara selama tiga tahun berturut-turut ini. Sementara untuk angka kunjungan pihaknya lebih mengutamakan wisatawan pulang kampung.

Apalagi kegiatan ini lanjut Nadar tepat lima hari setelah lebaran. Pihaknya memprioritaskan pengunjung dari luar daerah merupakan masyarakat Binongko. Bahkan sudah ada beberapa daerah sesuai laporan camat setempat telah mengkonfirmasi siap hadir. “Diantaranya dari Alor sebanyak 400 orang, dari Lembata 200 orang. Informasi yang kita terima kalau pengunjung dari NTT itu mereka datang dengan kapal laut sendiri. Ada yang dari Jakarta, Surabaya, dan lainnya juga bakal hadir. Kita prediksi sekitar 1.000-an pengunjung di FPTB tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Togo Binongko, Arifin, menjelaskan, sejumlah atraksi dan kegiatan yang siap dihelat dalam FPTB. Meski belum 100 persen namun pihaknya optimis festival ini akan maksimal. “Nanti tanggal 9 Juni rapat pemantapan,” tandas Arifin. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top