Pariwara
Hukum & Kriminal

Jalani Vonis Lima Tahun, Jaksa Eksekusi Mantan Kepsek Cabul di Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Vonis lima tahun penjara untuk Hamili, mantan kepala sekolah SMAN 1 Wolowa, Buton yang berbuat cabul sudah pantas. Hamili divonis bersalah atas perbuatan cabulnya terhadap siswinya yang masih di bawah umur. Baru-baru ini, jaksa Kejari Buton menjebloskan Hamili ke penjara setelah putusan kasasi MA diterima.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Buton, Hamrullah mengatakan pihaknya telah mengeksekusi terpidana kasus pencabulan tersebut berdasarkan salinan putusan MA RI No 2368/PIT.SUS/2017 tertanggal 28 Maret 2018 yang mereka terima. Baru-baru ini, jaksa penuntut umum Kejari Buton menerima putusan tersebut yang menyatakan Hamili harus menjalani hukuman lima tahun penjara, dan denda Rp 100 juta subsider dua bulan kurungan.

“Untuk sekarang terpidana Hamili menjalani hukuman penjara selama lima tahun dan dipotong masa tahanan selama tiga bulan lebih ketika yang bersangkutan menjalani pemeriksaan,” ujar Hamrullah, jumat (1/6).

Mantan kepala sekolah cabul, Hamili pernah divonis bebas Pengadilan Negeri (PN) Pasarwajo pada Juni 2017 dari tuntutan JPU tujuh tahun penjara. Berdasarkan fakta dan bukti-bukti yang diajukan dalam sidang tidak meyakinkan majelis hakim sehingga Hamili dibebaskan.

JPU pun mengkaji ulang vonis bebas terdakwa Hamili. Sehingga JPU melakukan upaya hukum kasasi ke MA RI, guna memenuhi rasa keadilan masyarakat. “Putusan MA terhadap terdakwa telah diputuskan dan dinyatakan terbukti melakukan kekerasan memaksa anak melakukan perbuatan cabul, yang dilakukan di dalam kelas,” tutup Hamrullah. (mel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top