Pariwara
Konawe Kepulauan

Izin Ambulans Laut di Konkep Belum Tuntas

MURSALIN/KENDARI POS
AMBULANS LAUT : Kadis Kesehatan Konkep, Sastro (kanan) bersama Wakil Ketua DPRD, Jaswan (tengah) dan koleganya, Muh. Risal.

KENDARIPOS.CO.ID — Ambulans laut milik Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Konawe Kepulaun (Konkep), masih akan sulit dimanfaatkan dalam waktu dekat ini. Sebab speed boat bantuan Kementerian Kesehatan tahun anggaran 2015 lalu itu, belum juga memiliki surat izin operasional dari Dirjen Perhubungan Laut. Baru bukti surat kepengurusan izin operasional ambulans tersebut yang sudah diketahui Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konkep, Sastro.

Sayangnya, mantan Kadis Pertambangan Konkep itu belum mengetahui secara pasti, kapan izin operasional sarana kesehatan tersebut rampung. “Saat ini sementara pengurusan, dan ini masih tangung jawab rekanan pengadaan. Bukti pengurusannya juga ada,” kata Sastro, saat ditemui di Gedung DPRD Konkep, Rabu (30/5). Ia menjelaskan, anggaran operasional ambulans tersebut sudah dialokasikan Dinkes. Tetapi pihaknya tidak bisa mengunakan sampai dikeluarkannya izin operasional dari Dirjen Perhubungan Laut. “Bisa-bisa kami ditangkap Polisi Air kalau memfungsikan ambulans tersebut,” argumennya.

Ia menjelaskan, ambulans laut tersebut diperuntukan bagi pasien rujukan dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Pulau Wawonii. Bukan untuk pasien rujukan dari RSUD Konkep. “Masa Dinkes yang anggarkan operasionalnya, tiba-tiba pihak rumah sakit yang mau gunakan. Sementara mereka juga punya anggaran tersendiri,” tegas Sastro. Pihaknya baru bekerja sama dengan dua rumah sakit di Kota Kendari untuk pasien rujukan asal Wawonii. Dua sentra layanan kesehatan tersebut adalah Rumah Sakit Dewi Sartika dan RSU Kota Kendari. “Saya tekankan, ambulans laut ini untuk pasien rujukan Puskesmas, bukan RSUD. Status Puskesmas di Konkep sama dengan RSUD Konkep tingkat pertama. Dalam waktu dekat ini juga kami akan menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan RSU Bahteramas,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua II DPRD Konkep, Jaswan, membenarkan, ambulans laut tersebut masih milik Dinkes dan belum ada penyerahan secara resmi ke pihak RSUD Konkep. “Penyerahan itu bisa jadi salah satu alasan tidak difungsikan ambulans laut. Kalau anggaran operasionalnya sudah masuk di DPRD, pasti kami setujui. Karena ambulans laut ini kebutuhan urgen masyarakat. Apa lagi Konkep baru saja menerima penghargaan dari BPJS, karena mendukung 100 persen kesehatan warga,” jelas Jaswan saat ditemui. (b/san)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top