Pariwara
Ramadhan

Sarana Pembinaan Mental Kaum Muslim, Oleh: Dra. Hj. Isma

Dra. Hj. Isma

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan merupakan bulan kemuliaan. Di dalamnya diwajibkan setiap umat Islam menjalankan ibadah puasa. Di bulan ini pula, setiap amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Banyak sekali hikmah yang bisa dipetik di bulan penuh berkah ini. Salah satunya sebagai sarana pembinaan mental.

Dalam menjalani ibadah puasa, ada aktivitas melatih diri untuk senantiasa menjadi pribadi yang taat, melaksanakan segala hal yang menjadi perintah Allah, dan menjauhi segala bentuk larangan-Nya. Setiap muslim umumnya, di bulan puasa cenderung melakukan amal baik dan akan semakin meningkat sepanjang dia niatkan untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Bukan hanya sekadar ikut-ikutan.

Muslim yang baik adalah mereka yang memanfaatkan Ramadan dengan sebaik-baiknya. Mereka jadikan bulan ini sebagai sarana untuk menempa diri menjadi manusia berkualitas. Muslim yang baik juga akan melihat Ramadan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kualitas ibadah, berjuang mencapai kefitraan yang dijanjikan Allah saat memperoleh pengampunan.

Dari semua yang dijalani itu, mental setiap muslim akan tertempa hingga menjadi bekal menjalani hidup pasca Ramadan. Artinya, setelah Ramadan usai, dampaknya kelihatan hingga 11 bulan berikutnya. (b/ely)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top