Pariwara
Metro Kendari

Pj Gubernur Sultra Minta Potensi Zakat Dimaksimalkan

TUNAIKAN ZAKAT: Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (kiri) membayar zakat kepada Baznas Sultra di ruang pola Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (30/5). Dia juga mengimbau ASN muslim untuk melakukan hal serupa. Kalau dimaksimalkan, potensi zakat Sultra bisa mencapai Rp 2 triliun setahun. Foto: Elyn/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka Hari Zakat Nasional 27 Ramadan 1439 H, Pemprov Sultra menggalang layanan pembayaran zakat serentak di ruang pola Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (30/5). Itu dilakukan sebagai bentuk gerakan keteladanan pemimpin dalam berzakat.

Melalui kegiatan itu, Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi mengajak seluruh kepala daerah, pimpinan SKPD, BUMD, perguruan tinggi dan pengusaha muslim untuk membayar zakat. Menurutnya, zakat adalah salah satu “jembatan” peningkatan kesejahteraam bagi masyarakat miskin. Bila semua muslim di Indonesia sadar zakat maka kemiskinan akan bisa dientaskan.

“Kalau di Sultra bisa kita kumpulkan Rp 2 triliun dalam 1 tahun sesuai potensi yang ada maka bisa kita bayangkan berapa yang akan terbantu. Tapi realisasinya baru Rp 39 miliar atau 2,9 persen,” kata Teguh usai membayar zakat, rabu (30/5).

Olehnya itu, ia meminta Baznas Sultra untuk aktif dalam sosialisasi, memberikan pemahaman kepala ASN agar mau menunaikan zakat. “Spanduk-spanduk imbauan harus diperbanyak lagi. Ini penting supaya yang ikhlas membayar zakat ini lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sultra, Hasby Andi Saing membenarkan potensi zakat di Sultra begitu besar. Ada 12 ribu ASN yang beragama Islam dengan standar gaji rata-rata Rp 4 juta. “Dari gaji itu kalau diambil 2,5 persen perbulan maka kita bisa mengumpulkan Rp 1,2 miliar perbulan,” jelasnya.

Saat ini kata dia, zakat yang terkumpul melalui Baznas Sultra masih minim dibanding potensi yang ada. Meski begitu, pihaknya tetap mencoba terus mensosialisasikan pembayaran zakat itu kepala ASN. “Kesadaran membayar zakat ini yang kita harapkan,” imbuhnya. Dalam acara itu, Pj Gubernur sekaligus menyerahkan zakatnya kepada Baznas Sultra, diikuti sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top