Pariwara
HEADLINE NEWS

Buka Puasa Akbar Siap Digelar, Libatkan Ribuan ASN dan Kaum Duafa

KENDARIPOS.CO.ID — Buka puasa akbar yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Kendari Pos akan digelar 2 Juni mendatang. Meski masih dua hari lagi, namun panitia sudah mematangkan persiapannya. Sesuai target, ada sekira 3.000 orang yang bakal menghadiri buka puasa bersama dalam skala besar yang baru pertama kali dilakukan tersebut.

Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengajak semua aparatur sipil negara (ASN) menyukseskan buka puasa akbar tersebut. Tak hanya sekadar meramaikan, tapi juga berperan aktif di dalamnya. Misalnya, menyalurkan sedikit rezekinya kepada kaum duafa.

“Ramadan ini bulan kasih sayang. Kita menyayangi sesama itu juga esensi dari menjalankan ibadah puasa. Makanya Pemkot bersama Kendari Pos mengagas acara ini untuk menjadi wadah menyambung silaturahmi sekaligus berbagi dengan anak yatim. Insya Allah tujuan kita hanya satu, mendapat berkah Ilahi,” ungkap Sulkarnain, rabu (30/5).

Lebih detail, persiapan buka puasa akbar dijelaskan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Kendari, Abdul Rauf. Dia mengungkapkan, persiapan buka puasa akbar dan pemberian santunan kepada kaum duafa sudah cukup matang. Sejauh ini koordinasi panitia berjalan baik, sehingga seluruh persiapan sudah hampir rampung. “Tendanya nanti besok (1/6) di pasang. Kita akan gunakan pelataran kantor wali kota, sudah 80 persen sekarang,” kata Abdul Rauf, rabu (30/5).

Seluruh undangan untuk kepala OPD, camat dan lurah sudah disebar oleh panitia. Sekitar 2.000 lebih ASN akan menghadiri buka puasa tersebut. Ditambah dengan 1.000 orang anak yatim plus kaum duafa. “Jadi, jumlahnya sekira 3.000 orang. Nanti ada pemberian santuan pada mereka. Sekarang kita lagi kumpulkan sukarela dan swadaya dari PNS, nanti kita bagikan saat kegiatan,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya juga sudah mendatangi sejumlah panti dan pesantren untuk mengutarakan niat itu. Dan pihak panti sudah menyetujuinya. “Kita juga sudah dapat kabar dari Dinas Perhubungan bahwa telah siap 15 bus untuk menjemput dan mengantar mereka,” tambahnya.

Masih kata mantan Sekretaris Camat Baruga itu, Pemkot juga mengundang penceramah kawakan dari ibu kota. Dia adalah KH. Musyaffa Ahmad Rahim. “Dia yang akan memberikan tausiah jelang berbuka. Pak Plt wali kota juga akan memberi sambutan dan sedikit pencerahan,” ucapnya.

Buka puasa akbar itu akan menjadi yang perdana di Kota Kendari. Sebab selama ini hanya dilakukan internal OPD masing-masing. Bila itu sukses digelar, maka akan diupayakan menjadi agenda tahunan. “Semua OPD siap ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka sangat antusias sekali,” imbuhnya.

Panitia penyelenggara buka puasa akbar dari Kendari Pos, Agus Tranhadi menambahkan, persiapan acara terus dimatangkan. Setiap saat, panitia berkoordinasi. Khusus soal peserta, semua sudah dibicarakan dan telah diatur penanggung jawab masing-masing. “Misalnya untuk duafa siapa penanggung jawabnya, begitupun ASN pemkot,” jelasnya.

Lebih jauh Agus menjelaskan, kegiatan ini memang sangat luar biasa. Sebab, baru pertama kali digelar di Pemkot Kendari. “Kegiatan ini baru pertama kali dan terbesar. Sebab, melibatkan ribuan peserta,” imbuhnya. Dia berharap, acara ini berlangsung sukses. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top