Pariwara
Ramadhan

Puasa Momen Belajar Mengendalikan Diri, Oleh : Syam Alam

Syam Alam

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi jutaan umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tidak salah jika bulan ini dijuluki sebagai “Rajanya Bulan”. Sebab semua umat Islam yang telah baliq diwajibkan untuk berpuasa. Yakni menahan diri dari yang membatalkannya sejak fajar hingga tenggelamnya matahari di waktu maghrib. Banyak hikmah yang dapat diraih kaum muslimin. Salah satunya belajar mengendalikan diri untuk menghindari hal-hal dilarang oleh Allah SWT, meskipun dibulan lain kerap dilakukan.

Kemudahan pengendalian diri itu tercermin dari akhlak kaum muslimin yang begitu mudahnya menjaga diri dari ucapan yang tak elok, tingkah laku kurang terpuji dan mampu mengendalikan hawa nafsu yang condong kepada kemaksiatan. Selain itu, melalui bulan penuh berkah di bulan suci ramadan ini, umat muslim diberikan kemudahan dalam mendapatkan banyak pahala melalui ibadah. Serta ada satu malam Lailatul Qadar, dimana di malam tersebut amalan kaum muslimin dilipat gandakan oleh Allah SWT, malam yang sepadan dengan seribu bulan.

Tentunya, kesempatan tersebut tak boleh disia-siakan dan patut di syukuri. Sebab, datangnya pun hanya sekali dalam setahun. Belum tentu di tahun berikut umat muslim dapat kembali bersua dengan bulan yang penuh kemuliaan ini. Selain itu, bulan ramadan ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kekhusyuan ibadah dan ketaatan pada Allah SWT, bersedekah serta membaca Alquran. Setelah umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh, maka pantas umat meraih kemenangan sebagai orang-orang yang bertakwa dan nantinya dirayakan pada Hari Raya Idulfitri. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top