Pariwara
Politik

KPUD Konawe Gunakan Kotak Suara Bekas

KOTAK SUARA : Untuk menghemat anggaran, KPUD Konawe memutuskan tidak akan melakukan pengadaan kotak suara untuk kebutuhan Pilbup. Pasalnya, kotak suara bekas masih dianggap layak. Tampak staf KPUD Konawe tengah mengecek kelayakan kotak suara.

KENDARIPOS.CO.ID — Pada pelaksanaan pemilihan bupati (Pilbup) Konawe kali ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat memutuskan tidak melakukan pengadaan kotak suara. Selain dapat menghemat anggaran logistik, kotak suara Pilkada lalu masih dianggap layak pakai. Makanya, kotak suara aluminium sebanyak 437 kotak akan tetap digunakan. Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan kotak suara bekas yang tersimpan di gudang masih layak pakai. Jumlahnya pun masih cukup untuk kebutuhan Pilbup mendatang. Nantinya, kotak suara ini akan disebar di 437 tempat pemungutan suara (TPS) di 23 kecamatan. “Iya, kita sudah periksa dan memang masih bisa kita pakai. Ini juga tentukan akan menghemat anggaran, dan tidak memberatkan pemerintah daerah (Pemda),” terangnya, Selasa (29/5/2018).

Namun untuk kebutuhan pemilihan gubernur (Pilgub) kata dia, pihaknya tetap akan melakukan proses pengadaan. Sebab kotak yang tersedia hanya cukup untuk kebutuhan Pilbup. “Tapi, kalau untuk Pilgub harus kita adakan lagi, karena beda antara kotak suara Pilbup dan Pilgub. Selain itu, jumlah TPS untuk Pilgub juga lebih banyak, karena daerah yang mekar tahun lalu sudah terdaftar,” jelasnya.

Selain kotak suara, logistik lain seperti bilik suara dan surat suara akan tetap diadakan melalui lelang. Untuk surat suara, saat ini sementara dalam proses validasi. “Untuk surat suara sudah ada pemenangnya di daerah Jawa, dan saat ini divisi program dan data bersama Ketua Panwaslu Konawe sedang berada disana untuk memastikan persiapan cetak surat suara, dan contohnya sudah ada dari percetakan sementara divalidasi oleh KPU dan Panwas l, dan nantinya akan diberikan kepada LO paslon untuk memeriksa kembali,” terangnya. Ia berharap semua logistik Pilkada sudah selesai cetak dua minggu sebelum hari H. “Target kita begitu, supaya segera kita lipat dan packing, kemudian tinggal menunggu keputusan kapan bisa didistribusikan,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top