Pariwara
Bombana

KLK Minimalisir Penyimpangan DD Bombana

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Minimnya sumber daya manusia (SDM) para tim pengelola kegiatan (TPK) serta aparatur desa dalam pengelolaan barang dan jasa, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana membentuk klinik layanan konsultasi (KLK). Inovasi tersebut dicetuskan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Bombana.

Bupati Bombana, H. Tafdil, saat melaunching KLK tersebut mengatakan, organisasia itu berperan penting dalam pengelolaan dana desa (DD). “Saya pikir dengan adanya KLK ini sangat membantu, khususnya dalam pengelolaan DD. Saya berharap ini bisa maksimal dan ke depan tak ada lagi yang bermasalah karena penyimpangan DD,” harapnya, Senin (28/5) lalu.

Kepala DPMD Bombana, Hasdin Ratta, juga menjelaskan, minimnya proses pengelolaan sektor pengadaan barang dan jasa dari para TPK dan kader desa saat ini cukup menyulitkan, bahkan menjadi polemik dalam setiap perampungan laporan pertanggungjawaban. Sebab, aspek perencanaan, pelaksanaan serta perampungan laporan, terkhusus sektor keuangan kerap ditemui pelanggaran. Itu karena SDM yang masih sangat minim. “Makanya KLK kami bentuk, karena melihat uang yang beredar di desa sangatlah besar. KLK pengadaan barang dan jasa ini akan dimaksimalkan pada TPK di tiga zona Bombana yaitu Rumbia, Poleang dan Kabaena yang jumlahnya mencapai 121 desa,” papar mantan Kabaghumas Setkab Bombana itu.

Untuk tahun ini, inovasi tersebut akan mulai dibuka pada 10 desa pertama di Kecamatan Rumbia, Rumbia Tengah dan Rarowatu, Rarowatu Utara dan Lantari Jaya. “Adapun 10 desa yang dimaksud itu Lantawonua, Tapuahi, Pangkuri, Lakomea, Watukalangkari, Hukaea, Watumentade, Tunas Baru, Lombakasi dan Lamgkowala. Setelah berjalan, nantinya mereka akan jadi pendamping. Tahun 2019 kita akan kembali melanjutkan ke 30 desa. Begitu pula pada 2020 mendatang, menjadi puncak pengembangan sistem inovesi ini di 121 desa se-Kabupaten Bombana,” ujarnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top