Pariwara
Bombana

Kades di Bombana Dilarang Pecat Aparat Desa

KAMARUDDIN/KENDARI POS
LARANG PECAT : Bupati Bombana, H. Tafdil (kiri) saat melantik tiga Pj Kades. Ia menegaskan agar para Kades tak arogan memecat aparaturnya jika melakukan kesalahan sepele.

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh kepala desa (Kades) di Bombana, dilarang keras melakukan pemecatan pada aparatur pemerintahannya hanya karena alasan sepele. Sebab hal tersebut akan berdampak pada pengelolaan keuangan desa. Penegasan itu disampaikan Bupati Bombana, H. Tafdil usai melantik tiga Pj Kades untuk memimpin Baliara Kepulauan, Baliara Selatan di Kecamatan Kabaena Barat serta Pj Kades Rambaha, Kecamatan Poleang Tenggara, awal pekan ini.

“Jangan karena tidak senyum waktu ketemu di jalan, atau tak tunduk waktu berpapasan, aparat langsung dipecat begitu saja. Ingat aparat itu telah melalui Bimtek yang mengeluarkan anggaran daerah cukup besar. Jadi kalau seenaknya dipecat yang rugi daerah bukan Kadesnya,” tegas H. Tafdil di hadapan 121 Kades yang ada di Bombana. Bupati dua periode itu menjelaskan, dengan adanya pergantian aparat maka pengeloaan keuangan dana desa (DD) juga akan menimbulkan masalah.

Itu sudah ditemukan pada beberapa desa. “Jadi pemecatan atau pergantian aparat desa, ada prosedurnya, tidak langsung begitu saja. Harus diverifikasi camat dan juga Pemkab. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kecuali si aparat melakukan tindakan yang tak dapat ditolelir seperti Pungli atau korupsi, dan bila terbukti langsung pecat dan proses hukum,” tegasnya. (kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top