Pariwara
Muna

Harga Elpiji 3 Kg Naik Hingga Rp 60 Ribu di Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Harga elpiji subsidi berukuran 3 kilogram (Kg), melonjak drastis di Muna. Para konsumen hanya bisa mengeluh. Asnani, salah satunya. Ia mengaku membeli gas bertabung hijau tersebut dengan harga Rp 60 ribu. Selain mahal, bahan bakar gas bagi rumah tangga tersebut juga alami kelangkaan. “Biasanya harga gas hanya Rp 40 ribu, sekarang naik Rp 60 ribu. Jauh beda dengan di Kendari yang hanya Rp 20 ribu-an,” gerutu Asnani.

Menanggapi keluhan konsumen, Arif Wau, Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Muna, menjelaskan, penyebab melonjaknya harga karena izin edar yang belum jelas. Elpiji di Muna khususnya ukuran 3 Kg belum mendapat subsidi dari pemerintah. “Mahal itu wajar karena belum disubsidi. Muna ini masih minyak tanah yang banyak dipakai,” ungkapnya, selasa (29/5).

Selama ini penggunaan elpiji baru menyentuh kalangan menengah ke atas. Masyarakat bawah belum beralih dari penggunaan minyak tanah ataupun bahkan masih mengandalkan tungku kayu bakar. Makanya, peredaran elpiji belum sepenuhnya dilegalkan pemerintah. “Kalau daerah lain, seperti Kendari dan Kolaka sudah disubsidi. Muna belum, karena yang menentukan disubsidi atau tidak itu di (Disperindag) Provinsi,” pendapat Arif Wau.

Ia mengatakan, selama ini distribusi elpiji di Muna masih dilakukan agen yang belum memiliki izin resmi. Peredarannya pun tak diakomodir oleh pemerintah. “Biasanya mereka (agen) salurkan sembunyi-sembunyi,” ungkapnya. Kendati begitu, Arif mengakui masyarakat perlahan mulai beralih ke penggunaan bahan bakar gas tersebut. Hanya saja, sejauh ini pihaknya (Disperindag) belum bisa memberikan subsidi untuk menekan harga gas sesuai harga eceran tertinggi. “Kalaupun harga gas mahal, kami tidak bisa berbuat banyak. Karena memang bisa dibilang ilegal, selain yang 12 Kg,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top