Pariwara
Kolaka Timur

100 Unit RTLH di Koltim Dibedah

Andi Muh. Iqbal Tongasa

KENDARIPOS.CO.ID — Perhatian pemerintah pusat pada warga kurang mampu di daerah, terus diperlihatkan. Salah satunya melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mendapat porsi 100 unit untuk perbaikan rumah tak layak huni (RTLH). Disebutkan, besaran biaya bedah rumah Rp 15 juta tiap unit dan bersumber melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Koltim, Andi Muh. Iqbal Tonggasa, mengaku, bantuan bedah rumah melalui BSPS ditentukan pemerintah pusat. Namun, pengusulan calon penerima dilakukan Pemkab Koltim melalui dinas teknis. “Data calon penerima BSPS diusulkan dari pemerintah desa pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Koltim, setelah itu kami kirim ke pusat. Bantuan ini dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki rumah layak. Bantuan stimulan untuk membiayai perbaikan atap, lantai dan dinding, namun tetap menyesuaikan kebutuhan rumah yang dibedah. Proses pekerjaan mulai dari awal hingga tuntas dilakukan pihak Satker Pemerintah Pusat. Pemkab hanya memfasilitasi serta membantu menyukseskan program BSPS ini,” kata Iqbal saat ditemui, selasa (29/5).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Perumahan, Harto Ansari, merinci, dari alokasi 100 rumah, telah dibagi berdasarkan usulan masuk. Kecamatan Ladongi di Desa Pembeoha dan Wungguloko masing-masing 20 unit. Sementara Kecamatan Dangia di Desa Lalongaketeba, Lamosila dan Desa Dangia, juga masing-masing 20 unit rumah. “Saat ini sosialisasi sudah selesai dan lanjut ketahap verifikasi rumah dan calon penerima yang dilaksanakan pihak Satker. Rencananya dalam waktu dekat rumah warga yang menerima akan dibedah kalau telah tuntas semua persyaratannya,” kata Harto. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top