Space Iklan
Pariwara
Buton Tengah

Besaran Zakat Fitrah Beras di Buteng Meningkat

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
ZAKAT : Suasana rapat penetapan besaran zakat fitrah tahun ini yang dilakukan pihak Kemenag dan Pemkab Buton Tengah.

KENDARIPOS.CO.ID — Nominal zakat fitrah telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng). Jumlah untuk beras, ditingkatkan. Sementara nilai untuk komoditas jagung dan infak nilainya masih sama dengan yang berlaku sebelumnya. Kepala Kantor Kemenag Buteng, Mansur mengatakan, untuk beras sebelumnya dihitung Rp 9.000 ribu perliter kini menjadi Rp 9.500. Sesuai ketentuan, setiap orang wajib menunaikan 3,5 liter tiap orang. Jika ditotal, setiap orang wajib berzakat Rp 33.250.

“Untuk jagung, masih sama sebelumnya, yakni Rp 5.000 perliter dikali Rp 3,5 liter, sehingga totalnya Rp 17.500 tiap orang. Sementara untuk infak disepakati dengan standar Rp 3.500 per orang, namun lebih tinggi juga makin baik,” ungkap Mansur, akhir pekan lalu. Sebenarnya, masalah zakat fitrah itu didasarkan pada makanan pokok. Artinya masyarakat bisa membawa makanan pokok yang dimakan tiap hari untuk menunaikan zakat. Hanya saja, banyak masyarakat yang memilih menggunakan uang tunai. “Zakat fitrah itu harus terbagi habis untuk masyarakat fakir miskin,” ujarnya.

Untuk amil zakat, sudah ditetapkan pada masing-masing kecamatan dan desa. Perlu diketahui, zakat fitrah sudah bisa ditunaikan sejak awal Ramadan dan berakhir saat salat Ied. “Masalah ini kita tetapkan lebih awal karena banyak masyarakat yang ingin menunaikan zakatnya,” sambung Mansur. Sementara itu, Kabag Kesra Setkab Buteng, Laode Abdullah, mengatakan, pekan ini juga, pihaknya sudah mengeluarkan keputusan zakat fitrah secara resmi. Ia berharap agar pembagiannya ke masyarakat fakir miskin lebih diutamakan. “Jangan sampai lebih banyak yang diterima amil dibanding fakir miskin,” tutupnya. (b/myu)
.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top