Pariwara
Konawe Utara

Pj Gubernur Sultra Bantu Korban Banjir di Konut

KUNJUNGI: Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (kedua dari kiri) didampingi Wabup Konut, Raup (ketiga dari kiri) saat mengunjungi korban banjir di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Sabtu (26/5). Foto: Helmin Tosuki/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi mengunjungi masyarakat Konawe Utara (Konut), Sabtu (26/5). Kunjungan itu merupakan pertamakali di Bumi Oheo. Kehadiran Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri beserta jajaran sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terkena musibah banjir bandang.

Selain melihat kondisi terkini korban banjir, Teguh juga menjalin silaturahmi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat Konut pada umumnya. Tentunya dengan membawa misi kemanusiaan. Pada kesempatan itu, bapak dua anak ini menyalurkan berbagai macam kebutuhan warga korban banjir. Yakni selimut 242 lembar, terpal 900 lembar, tenda luar 4 unit, paket makanan 260 kaleng, sandang 60 paket, 960 dos indomie, obat-obatan dan makanan bayi.

Termasuk juga alat rumah tangga berupa ember, ember sedang, gayung, baskom masing-masing 100 unit serta skopang 50 unit. “Bantuan ini merupakan partisifasi secara spontan dari OPD Sultra atas musibah yang melanda warga Konut. Walaupun mungkin bantuannya belum maksimal, tapi semoga bisa meringankan beban warga yang terkena dampak banjir,” kata Teguh Setyabudi saat mengunjungi korban banjir di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Sabtu (26/5).

Teguh menambahkan, Pemrov Sultra siap memberikan bantuan yang diusulkan oleh Pemkab Konut dalam bentuk apapun untuk kebutuhan warga yang terkena banjir bandang. Terutama kebutuhan pasokan beras bila sudah berkurang. “Mau berapa ton beras yang diminta kami siap untuk mendistribusikan,” janjinya.

Suami Ika Ocktaviana ini juga memberikan apresiasi pada jajaran OPD yang telah bersimpatik menyalurkan bantuannya secara sukarela pada warga Konut. “Bukan hanya kami, tapi Danrem dan jajarannya ikut menyalurkan bantuan. Semoga bantuan yang didistribusikan bernilai ibadah. Saya juga meminta warga yang terkena musibah sabar dalam menjalani cobaan,” harapnya.

Dalam kunjungannya, Teguh hanya didampingi Wakil Bupati Konut, Raup beserta jajarannya. Pasangan Ruksamin itu menuturkan, terdapat delapan unit rumah warga yang terbawa arus di Desa Polora Indah, Kecamatan Langgikima saat banjir bandang melanda. Pihaknya berjanji akan memberikan bantuan perumahan tentunya dengan berkoordinasi dengan OPD terkait.

“Ada satu desa tidak hanya banjir, tapi sudah bercampur lumpur, yakni di Desa Tambakua. Lumpurnya sampai di atas lutut, kemudian persawahan kita juga gagal panen mencapai ratusan hektar. Sawahnya ada yang tidak kelihatan, puluhan karung raib pasca panen,” jelas Raup.

Dalam kunjungannya itu, Pj Gubernur Sultra juga turut melakukan peninjauan lokasi banjir dibeberapa wilayah kecamatan dan akses jalan yang terputus. Dia berharap, banjir bandang tidak terjadi lagi. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top