Pariwara
Kolaka Utara

Pedagang Pengumpul Rusak Kualitas Kakao Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membeberkan jika petani kakao di Bumi Patampanua ini kerap dicurangi oknum pedagang maupun pengumpul. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu mengklaim kerap menemukan limbah biji yang didaerah itu disebut “dempek”, dicampur dalam kemasan untuk meningkatkan bobot timbangan.

Kasi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Bidang Perdagangan Perindag Kolut, Syainal, mengaku, ia sendiri sudah sering menemukan di lapangan. Jika dikalkulasi, bisa mencapai 50-60 karung limbah tersebut beredar di Kolut yang dimainkan oknum. “Pantauan saya dempek ini banyak ditemukan beredar saat musim kakao,” bebernya, akhir pekan lalu.

Modusnya, saat pedagang kecil atau pengumpul membeli kakao petani yang tadinya berkualitas bagus, mereka akan campur dengan kotoran itu. Selanjutnya mereka menjualnya ke pedagang besar. Namun, setelah disortir untuk dipisahkan dari biji berkualitas itu ternyata ada yang memanfaatkan dengan mengambilnya. “Jumlah dan timbangannya tentu bertambah tetapi dari segi kualitas berkurang,” imbuhnya.

Karena tak adanya upaya pemusnahan kotoran, ampas inipun semakin bertambah di lapangan dan beredar. Karena prinsip oknum pengumpul tersebut hanya mengejar berat timbangan. Namun hal tersebut jelas merugikan petani dan Kolut pada umumnya karena kualitas kakao yang disuplai dari Bumi Patampanua itu menjadi jelek. “Meski kualitas kakao daerah ini bagus, tapi setelah sampai di luar maka dianggap rendah mutunya,” terangnya. Karena tidak ada aturan untuk mengendalikan kondisi tersebut, pihaknya akan mengomunikasikan persoalan itu ke pihak terkait. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top