Pariwara
Kolaka

Elpiji di Kolaka Langka, Agen Dilibatkan Operasi Pasar

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
ELPIJI LANGKA : Suasana operasi pasar elpiji 3 Kilogram yang dilakukan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka bersama agen, untuk meredam kelangkaan.

KENDARIPOS.CO.ID — Mahalnya harga elpiji ukuran 3 kilogram (Kg) di Kabupaten Kolaka membuat masyarakat, resah dan mengeluh. Untuk menjawab masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggandeng sejumlah agen elpiji di Bumi Mekongga untuk menggelar operasi pasar.

Akhir pekan lalu, tiga lokasi dipilih sebagai tempat kegiatan operasi pasar yakni di Alun-alun 19 November, halaman Kantor DPRD Kolaka, serta Tempat Pelelangan Ikan di jalan Samudera, Kelurahan Sea. Terlihat ratusan warga mengantre untuk mendapatkan tabung gas bersubsidi tersebut. Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kolaka, Kamal Arif, mengungkapkan, kegiatan operasi pasar kali ini merupakan tindak lanjut dari hasil inspeksi mendadak yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu ke sejumlah agen dan pangkalan.

Kelangkaan tabung elpiji 3 Kg telah terjadi di sejumlah pangkalan. Sedangkan, untuk mendapatkan tabung tersebut di pengecer, masyarakat harus merogoh kocek lebih dalam dengan harga hingga Rp 35 ribu per tabung. “Dalam operasi ini kami libatkan tiga agen. Setiap agen menjual 560 tabung dengan harga eceran tertinggi (HET) sesuai SK Gubernur nomor 5 tahun 2014 yaitu Rp 17.900. Setiap pembeli wajib menunjukkan KTP,” ujarnya, minggu (27/5).

Kamal menuturkan, dengan adanya operasi tersebut maka diharapkan dapat memudahkan masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan tabung elpiji ukuran 3 kilogram. Ia juga mengimbau masyarakat agar melaporkan pangkalan nakal yang menyebabkan tabung bersubsidi itu langka dan mahal. “Kalau ada yang menaikkan harga jauh diatas HET, maka segera laporkan ke kami. Memang kami tidak bisa menindak karena kewenangan perlindungan konsumen telah dialihkan ke provinsi. Tapi kami akan teruskan laporan tersebut agar izin pangkalan tersebut dicabut,” ancamnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top