Pariwara
Konawe

119 JCH Konawe Diberangkatkan Tahun Ini

Muh. Nusbah

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konawe telah memastikan, jatah jamaah calon haji (JCH) yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun ini, sebanyak 119 orang. Setiap tahun jumlah JCH yang berangkat berbeda-beda, menyesuaikan pemberian kuota dari pemerintah pusat. Kepala Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Konawe, Muh. Nusbah, mengatakan, angka tersebut sudah pasti dan termasuk jamaah lanjut usia (Lansia), penggabungan dan cadangan. “119 itu sudah total keseluruhannya yang akan berangkat tahun ini. Jumlah ini lebih sedikit dari 2017 lalu, yang mencapai 141 orang. Pasalnya, pemberian kuota langsung dari pusat, dan daerah hanya menjalankan,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Seluruh jamaah yang berangkat itu sudah termasuk juga jamaah penggabungan, yakni bila sang suami sudah keluar jadwalnya dan si istri belum, tapi memenuhi syarat berangkat, maka ia ditarik ikut bersama suaminya, begitu juga sebaliknya. “Ya, untuk suami istri kalau salah satunya masuk daftar, maka bisa langsung diberangkatkan keduanya kalau disetujui Kemenag Pusat,” ujarnya.

Kemudian, untuk jamaah Lansia hanya dua orang, sedangkan cadangan tiga orang dan dinyatakan semua lolos berangkat, serta jamaah yang biayanya sudah lunas dan akan berangkat tapi meninggal dunia, maka akan digantikan anaknya. “Ada seorang yang meninggal, tapi sudah mengurus supaya digantikan oleh anaknya. Si anak ini dipanggil langsung untuk wawancara, memastikan si anak adalah ahli waris sah, dan siap berangkat,” terangnya.

Nusbah menambahkan, rencananya pemberangkatan akan dilaksanakan pada Agustus nanti, dan pasca lebaran idul fitri akan dilaksanakan manasik. “Untuk tanggal berangkatnya belum pasti, tapi manasik kita pastikan setelah lebaran ini sudah mulai dilaksanakan, sebagai pembekalan jamaah saat berangkat nanti,” pungkasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top