Space Iklan
Pariwara
Muna Barat

Kualitas Pengelolaan Koperasi di Mubar Ditingkatkan

Burhanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam tahun anggaran 2018 ini, Dinas Koperasi dan UKM Muna Barat (Mubar) intens melakukan pelatihan pengelolaan anggaran koperasi masyarakat. Langkah itu sebagai bentuk penguatan pengurus koperasi dalam menata struktur lembaganya agar tetap menjadi wadah ekonomi yang sehat. “Mulai dari pelatihan pengurus koperasi, badan pengawas dan rapat akhir tahun. Pemahaman akuntansi koperasi terus kita lakukan supaya ada peningkatan kualitas,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Mubar, Burhanuddin, Jumat (25/5).

Semua program kerja tersebut diharapkan dapat membuat daya saing koperasi di daerah meningkat dan dapat setara dengan lembaga serupa di luar Mubar. “Ini juga merupakan visi misi Bupati, LM Rajiun Tumada dalam peningkatan kualitas serta kuantitas,” jelasnya. Sejauh ini, baru satu kali dilakukan pelatihan yakni prinsip pemahaman perkoperasian dengan menghadirkan pemateri dari provinsi dan diikuti 250 peseta, termasuk para kepala desa dan perangkatnya, pengurus koperasi kelompok tani andalan nelayan (KTNA). “Kita harapkan mereka akan menjadi pelopor lahirnya koperasi kelompok tani atau nelayan sebagai peserta koperasi,” sambungnya lagi.

Burhanuddin merinci, jumlah koperasi di Muna Barat yang tercatat secara administrasi sebanyak 235 lembaga. Hanya saja yang aktif sekitar 70 hingga 80 persen dan dinyatakan sehat. Semua diukur dari rapat anggota tahunan yang dilakukan. (c/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top