Pariwara
Konawe Kepulauan

Konawe Baru Serahkan Rp 4 M Aset ke Konkep

Andi Muhammad Lutfi

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk meminta aset dari wilayah induk, Konawe, akhirnya menemui titik terang. Dalam waktu dekat ini, aset milik Konawe yang ada di Pulau Wawonii akan diserahkan pada pemerintah di otorita baru tersebut. Pemkab Konkep tinggal menunggu waktu Bupati Konawe untuk menyerahkan aset-aset tersebut.

Wakil Bupati Konkep, Andi Muhamad Lutfi, mengatakan, pihaknya sudah melakukan inventarisasi aset-aset Konawe yang ada di Bumi Kelapa. “Alhamdulillah semua aset-aset Konawe yang ada di Konkep semua sudah tercatat. Kami tinggal menunggu penyerahannya saja. Kemungkinan bupati defenitif Konawe yang akan menyerahkan asetnya yang ada di Wawonii,” kata Andi Muhamad Lutfi, saat ditemui, Jumat (25/5).

Ia menjelaskan, saat dilakukan pendataan aset Konawe, dirinya mengakui menemukan ada perbedaan antara data Pemkab Konkep dan Konawe. “Ada selisih aset yang kami temukan. Tapi semua itu sudah tuntas diselesaikan. Kami tinggal tunggu penyerahannya saja,” ujarnya. Dia berharap, dengan selesainya persoalan aset antara Konawe dan Konkep, Pemkab bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tahun 2018 ini dari BPK RI.

Sebab gagalnya daerah di bawah kendali Bupati, H. Amrullah tersebut untuk mendapatkan predikat WTP dalam tata kelola keuangan serta administrasi, karena belum dituntasnya persoalan aset itu. “Insyaallah tahun ini kami target Konkep bisa dapat WTP,” harapnya. Di tempat yang sama, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep, Musakir, juga mengakui jika persoalan aset milik Konawe yang ada di Wawonii sudah dituntaskan. Tahun ini, Pemkab Konawe baru akan menyerahkan aset 4 miliar.

Musakir menjelaskan, angka tersebut hasil dari pertemuan bersama dengan melibatkan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kalau Konawe juga tak mau menyerahkan asetnya, maka pusat akan eksekusi, pemotongan dana alokasi umum sebesar Rp 4 miliar. Dan ini tertulis, antara Kemendagri, Kemenkeu, Pemkab Konawe dan Konkep yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara,” tegasnya.

Ditanya soal adanya beberapa gedung aset Konawe yang ada di Pulau Wawonii dan belum diserahkan tapi sudah dilakukan pembongkaran, seperti SMPN 1 Wawonii Barat, Musakir berdalih, hal tersebut tak menjadi masalah. Sebab aset Konawe yang ada di Konkep, sudah tahap finalisasi. Tinggal menunggu saja penandatanganan dan penyerahan. “Itu tidak jadi masalah. Nanti ada Bupati Konawe defenitif baru diserahkan. Dokumennya juga sudah selesai,” pendapatnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top