Pariwara
Buton

Kemenag Buton Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

WA ODE AMALA/KENDARI POS
ZAKAT FITRAH : Suasana rapat penetapan besarnya pengembangan, pemberdayaan, pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah pada Ramadan 1439 Hijriah di Kabupaten Buton, jumat (25/5)

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton sudah menggelar rapat penetapan besarnya pengembangan, pemberdayaan, pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah di wilayah kerjanya pada Ramadan 1439 H atau tahun 2018 ini. Kepala Kemenag Buton, H. Mukhtar, menjelaskan, setelah rapat itu, ditetapkan besarnya zakat fitrah tahun ini adalah 3,5 liter/jiwa. Sementara untuk penetapan pembayaran zakat di Kabupaten Buton perjiwa berdasarkan harga bahan makan, beras dan jagung tiap liter, pihaknya menyesuaikan dengan hasil survei harga pada tiap kecamatan.

“Penyampaian tersebut karena hasil pantauan di lapangan tentang ketentuan zakat fitrah, harus berdasarkan survei harga di pasaran,” ujarnya, jumat(25/5). H. Mukhtar merinci, untuk beras, sesuai pemantauan dari masing-masing kecamatan seperti Pasarwajo, Wabula, Wolowa, Siotapina dan Kapuntori diperoleh kesimpulan harga rata-rata Rp 9 ribu perliter.

Sehingga jumlah zakat yang dibayarkan sebanyak 3,5 liter dan apabila diuangkan menjadi Rp 31.500 tiap jiwa. Sedangkan untuk di Kecamatan, Lasalimu dan Lasalimu Selatan harga beras Rp 8 ribu perliternya. Dengan demikian untuk 3,5 liter ini zakat fitrah yang dibayarkan sebesar Rp 28 ribu. Kemudian untuk jagung, Mukhtar menjelaskan rata-rata tiap kecamatan diperoleh harga Rp 6 ribu perliter. Jika dikonversi dari 3,5 liter zakat yang wajib, maka dapat dibayarkan berupa uang Rp 21 ribu. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top