Pariwara
Kolaka Utara

Dikbud Kolut Berlakukan Sistem Zonasi

Hasanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara (Kolut) saat ini sedang menggodok sistem zonasi pemerataan pembangunan ruang kelas beserta siswa baru. Sistem tersebut akan diberlakukan pada tahun ajaran penerimaan peserta didik, 2018 ini. Sekretaris Dikbud Kolut, Hasanuddin, menjelaskan, jumlah siswa yang berlebih dengan ketersediaan ruang kelas menjadi perhatian pihaknya saat ini. Beberapa lembaga mengusul penambahan bilik baru, namun disisi lain justru ada sekolah yang kekurangan siswa. “Sistem zonasi ini berupa pemetaan wilayah setempat berdasarkan jumlah penduduk dan usia sekolah,” ujarnya.

Contohnya, SMPN 1 Pakue telah punya 12 ruangan, berarti dalam jenjang kelas ada empat. Sementara jumlah murid tersisa dua kelas murid baru. Itu artinya ada kelebihan ruangan. Jumlah penduduk dan anak usia sekolah akan menjadi patokan. “Sementara kami rancang,” sambung Hasanuddin, jumat (25/5). Pihak orang tua juga harus diberi penjelasan sepanjang setiap lembaga pendidikan yang berdekatan itu tidak memiliki perbedaan signifikan khususnya dari segi jarak tempuh. Akan tetapi setiap sekolah juga wajib mendongkrak kualitas pendidikannya.

Sebab tak dapat dinafikan, orang tua terkadang berpandangan jika jumlah siswa menjadi standar, lembaga itu berkualitas atau tidak. “Akan menjadi ironi, jika sekolah menyadari lembaganya begitu-begitu saja tapi tidak mau berbenah. Mereka (guru dan kepala sekolah) harus menepis anggapan tersebut jika sekolah berkualitas bukan dilihat dari bagusnya gedung atau peserta didik banyak. Sebab Dikbud akan melakukan penarikan pelajar untuk dipindahkan ke sekolah lain jika ada satu lembaga yang dalam tiga tahun berturut-turut tak ada penambahan atau mengalami kekosongan saat penerimaan siswa baru,” tandas Hasanuddin. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top